Nerazzurri Melangkah Gemilang: Kalahkan AC Milan, Inter Milan Melaju ke Final Liga Champions

Inter Milan memastikan satu tiket di final Liga Champions 2022/2023. Hal ini setelah Nerazzurri memetik kemenangan 1-0 atas AC Milan di leg kedua babak semifinal.

Pertandingan Inter Milan Vs AC Milan berlangsung di Giuseppe Meazza, Rabu (17/5/2023) dini hari. Pada laga ini Inter kalah penguasaan bola 44 persen berbanding 56 persen.

Namun, Inter lebih tajam dengan membuat 15 attempts, empat di antaranya tepat sasaran. Sementara Milan hanya menciptakan 5 peluang dan satu ke gawang.

Gol kemenangan Inter tercipta pada menit ke-74 melalui Lautaro Martinez. Inter pun lolos ke partai puncak Liga Champions dengan kemenangan agregat 3-0.

Inter akan berhadapan dengan Manchester City atau Real Madrid di laga final nantinya. City dan Madrid baru akan memainkan leg kedua semifinal besok.

Jalannya pertandingan Inter Milan vs AC Milan

Dilansir dari detikSport, Inter mencoba mengambil inisiatif serangan demi mempertahankan keunggulan dua gol pada leg pertama. Sementara, Milan membalas lewat agresivitas Rafael Leao di sisi kiri penyerangan.

Baca Juga:   Erick Thohir Resmi Terpilih Sebagai Ketua Umum PSSI: Memimpin Sepak Bola Indonesia ke Level yang Lebih Tinggi

Serangan Milan lebih menggigit dengan keberadaan Leao yang membuat lini belakang Inter cukup kerepotan. Pada menit ke-10, Olivier Giroud berhasil melambungkan bola melewati Andre Onana dan mengarahkannya ke Sandro Tonali.

Tonali pun tinggal berhadapan dengan gawang kosong, tapi Matteo Darmian dengan cepat menghalaunya. Semenit kemudian umpan tarik Tonali menemui Brahim Diaz di kotak penalti, tapi Andre Onana bisa menyelamatkan bola.

Sementara itu, Inter kesulitan untuk membuat peluang emas dari awal laga dan membuat Milan dengan mudah menguasai bola. Selepas 30 menit laga berjalan, Inter mulai bisa lepas dari tekanan Milan.

Milan punya kans untuk membuka skor pada menit ke-37 saat Leao dengan kecepatannya menaklukkan Francesco Acerbi dan masuk dari sisi kiri. Dia menuntaskan dengan sepakan menyilang yang masih melebar di tiang jauh.

Baca Juga:   Jadwal Timnas Putri Indonesia vs Thailand di Semifinal Piala AFF U-19 2023

Tuan rumah membalas pada menit ke-39 saat free kick Hakan Calhanoglu dibelokkan dengan kepala oleh Martinez, tapi Maignan dengan sigap menepisnya.

Inter harus kehilangan Henrikh Mkhitaryan karena cedera pada menit ke-43 dan harus digantikan Marcelo Brozovic. Hingga turun minum, skor 0-0 bertahan.

Memasuki babak kedua, pertandingan masih berjalan ketat dan belum ada peluang berarti dari kedua tim. Acerbi nyaris dikartu merah karena menginjak Tonali di kotak penalti, tapi VAR tidak menganggap pelanggaran serius.

Inter masih berupaya untuk mengulur waktu dengan lebih banyak memainkan bola, sementara Milan menggunakan sisi kiri yang ditempati Leao dan Theo untuk menyerang.

Demi menajamkan lini serang, Inter memainkan Romelu Lukaku dan Robin Gosens selepas sejam laga berjalan. Masuknya Lukaku membuat permainan di depan semakin hidup.

Lautaro! Pemain Argentina itu membuat Inter unggul 1-0 sekaligus menjauhkan agregat jadi 3-0 pada menit ke-74. Lukaku bermain umpan 1-2 dengan Lautaro di kotak penalti, sebelum nama terakhir menembak ke pojok kanan gawang Maignan.

Baca Juga:   Target Empat Besar, Inter Milan Wajib Menang Lawan AS Roma

Inter kemudian menurunkan tempo permainan di 10 menit terakhir dan menarik Lautaro serta Nicolo Barella. Hingga laga berakhir, skor 1-0 bertahan dan Inter lolos ke final Liga Champions.

Susunan pemain

Inter Milan: Andre Onana; Matteo Darmian, Francesco Acerbi, Alessandro Bastoni; Denzel Dumfries, Nicolo Barella (Roberto Gagliardini 84′), Hakan Calhanoglu, Henrikh Mkhitaryan (Marcelo Brozovic 43′), Federico Dimarco (Robin Gosens 66′); Edin Dzeko (Romelu Lukaku 66′), Lautaro Martinez (Joaquin Correa 84′)

AC Milan: Mike Maignan; Davide Calabria, Malick Thiaw (Pierre Kalulu 64′), Fikayo Tomori, Theo Hernandez; Sandro Tonali, Rade Krunic; Junior Messias (Alexis Saelemaekers 75′), Brahim Diaz (Divock Origi 75′), Rafael Leao; Olivier Giroud.

Loading