Mutasi Danrem, Komandan Pencarian Pilot Susi Air Diganti

abatan Komandan Komando Pelaksana Operasi (Dankolakops) pencarian pilot Susi Air yang disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) diserahkan kepada pejabat baru Danrem 172/Praja Wira Yudha.

Hal itu seiring dengan dimutasinya Brigjen J.O Sembiring dari jabatan Danrem. Posisi itu kini akan dijabat oleh Kolonel Inf Dedi Hardono. Dedi pun otomatis akan menjadi Dankolakops pencarian pilot Susi Air.

“Betul (diserahkan ke pejabat baru),” kata Kapuspen TNI Laksamana Muda Julius Widjojono saat dihubungi, Jumat (5/5).

Dalam Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia No Kep/426/IV/2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI, total ada 172 perwira TNI yang dimutasi.

Baca Juga:   Viral Bentrok Ormas di Setu Sempat Mereda, Namun Kembali Pecah di Bantargebang Bekasi

Di antaranya ada beberapa perwira TNI AD pemegang tongkat komando di Papua yang diganti, yakni Pangkogabwilhan III, Pangdam XVII/Cendrawasih dan Danrem 172/Praja Wira Yudha.

Pergantian ini tak lama usai penyerangan anggota TNI oleh KKB di Nduga, Papua Pegunungan, pertengahan April lalu. Namun, Julius membantah jika mutasi kali ini terkait dengan peristiwa yang menewaskan lima orang prajurit itu.

“Ini rotasi normal dalam tubuh TNI,” kata dia.

Kini, jabatan Pangkogabwilhan III diemban oleh Mayjen Agus Suhardi. Ia menggantikan Letjen I Nyoman Cantiasa yang dimutasi sebagai Koorsahli KSAD.

Sementara jabatan Pangdam XVII/Cendrawasih diserahkan kepada Mayjen Izak Pangemanan. Ia menggantikan Mayjen M Saleh Mustafa yang ditempatkan sebagai Pa Sahli Tk.III KSAD Bid Sosbudkum HAM dan Narkoba.

Loading