Mobil Terbang Pertama di Dunia Sudah Bisa Dipesan, Segini Harganya?

Mobil terbang pertama di dunia dengan nama “Model A” yang diproduksi oleh Alef Aeronautics telah mengantongi izin resmi untuk melakukan uji coba di jalan raya dan di udara sebelum kendaraan ini dirilis ke publik.

Alef Aeronautics merupakan perusahaan pertama yang menerima Sertifikasi Kelaikan Udara Khusus dari Federal Aviation Administration (FAA).

Sertifikasi ini membatasi lokasi dan tujuan penerbangan yang diizinkan untuk kendaraan tersebut.

Tak hanya itu saja, mobil tersebut juga harus memenuhi standar keselamatan National Highway and Traffic Safety Administration sebelum terbang.

CEO perusahaan Jim Dukhovny mengatakan, perusahaan berharap sertifikasi tersebut akan menjadi langkah yang baik untuk ke depannya.

“Meskipun ada perintis seperti Terrafugia, Paul Moller, dan Henry Ford, ini adalah pertama kalinya sebuah kendaraan, dalam arti tradisional (parkir dan mengemudi seperti mobil, berfungsi seperti mobil, terlihat seperti mobil), menerima izin untuk terbang,” kata Dukhovny dilansir dari USA Today.

Baca Juga:   Harga dan Spesifikasi Motor Yamaha Vinoora 125

“Selain itu, Alef adalah mobil listrik pertama yang mendapat izin terbang. Dan yang tak kalah penting, kemampuan lepas landas vertikal merupakan inti dari konsepsi kebanyakan orang tentang mobil terbang,” tambahnya.

Di bawah Kode Peraturan Federal, Alef diwajibkan untuk melaporkan masalah apa pun termasuk kerusakan atau cacat kepada badan pemerintah AS selama pengembangan dan pengujian “Model A”.

Harga mobil terbang Alef Aeronautics

Sementara itu, dilansir dari Alef Aeronautics, perusahaan yang berbasis di Santa Clara, California itu telah mengumumkan harga kendaraan tersebut yang akan dijual sekitar 300.000 dollar AS atau setara dengan Rp 4.518.750.000.

“Model A adalah 100 persen listrik, dapat dikendarai di jalan umum dan memiliki kemampuan lepas landas dan mendarat secara vertikal,” tulis pernyataan resmi perusahaan.

Baca Juga:   Mobil Listrik Xiaomi Siap Meluncur Tahun Depan, Performa Luar Biasa dengan Jarak 800 Km Sekali Cas

Mobil terbang tersebut akan menjadi kendaraan berkecepatan rendah, yang berarti bahwa mobil itu tidak akan melaju lebih cepat dari sekitar 25 mil per jam di permukaan beraspal.

“Jika pengemudi membutuhkan rute yang lebih cepat, maka mereka akan dapat menggunakan kemampuan terbang kendaraan,” katanya lagi.

Pada Jumat (30/6/2023), presales mobil terbang tersebut telah dibuka.

Bagi pelanggan yang tertarik dengan mobil terbang ini dapat membayar deposit sebesar 150 dollar AS (Rp 2.250.000) untuk masuk dalam daftar tunggu.

Selain itu, pelanggan juga bisa membayar deposit 1.500 dollar AS (Rp 22.500.000) untuk mendapatkan tempat prioritas dalam daftar antrean.

Sementara, untuk pengiriman mobil terbang, perusahaan mengatakan bahwa mereka berencana untuk mulai mengirimkan kendaraan kepada pelanggan pada akhir 2025.

Baca Juga:   Berapa Tahun Garansi Baterai Mobil Hybrid Suzuki?

Sudah empat tahun diuji coba terbang

Perusahaan yang didirikan pada 2015 oleh Dukhovny, Konstantin Kisly, Pavel Markin, Oleg Petrov di Palo Alto, California ini telah menguji coba dan menerbangkan mobil tersebut sejak 2019.

Versi yang dapat diterima pelanggan memiliki jarak tempuh 200 mil dan jarak terbang 110 mil.

“Kami sangat senang menerima sertifikasi ini dari FAA. Hal ini memungkinkan kami untuk lebih dekat dalam menghadirkan perjalanan yang ramah lingkungan dan lebih cepat bagi masyarakat, menghemat waktu individu dan perusahaan setiap minggunya. Ini adalah satu langkah kecil untuk pesawat, satu langkah besar untuk mobil,” kata CEO Alef Jim Dukhovny.

Loading