Mengungkap Bocoran Harga Toyota Yaris Cross dan Persaingan Sengit dengan Mitsubishi

Toyota dan Mitsubishi menyiapkan amunisi untuk meramaikan segmen SUV lima penumpang di Indonesia yang saat ini sudah diisi Honda HR-V, Hyundai Creta, hingga Wuling Alvez.

Toyota hadir melalui produk anyar bernama Yaris Cross yang sebelumnya telah diperkenalkan di Indonesia. Sementara Mitsubishi, datang bersama mobil baru yang kini masih berstatus prototipe, XFC Concept.

Keduanya dijanjikan perusahaan meluncur di Tanah Air dalam waktu dekat.

Meski begitu, kini Toyota dan Mitsubishi telah membuka pemesanan untuk dua model tersebut melalui jaringan penjualan masing-masing. Tiap dealer juga telah membocorkan estimasi harga buat Yaris Cross dan XFC.

Menurut dealer Toyota, Yaris Cross akan tersedia dengan dua pilihan mesin yaitu konvensional dan hybrid.

Pada model mesin bensin, Yaris Cross akan terdiri dalam dua varian yaitu S dan G, serta dua pilihan transmisi, MT dan CVT. Sementara model hybrid hanya tersedia dalam dua pilihan yaitu GR Sport dan non GR Sport, sedangkan harganya mulai Rp450 juta.

Baca Juga:   Ini Dia Mobil Bekas yang Mengalami Penurunan Harga Drastis Saat Dijual Kembali, Berikut Daftarnya

Dealer juga mengatakan masyarakat yang berminat dapat melakukan tanda jadi sehingga memperoleh nomor urut pemesanan unit kendaraan.Khusus versi bensin tanda jadinya senilai Rp15 juta, sedangkan model hybrid Rp20 juta.

Daftar lengkap harga estimasi Yaris Cross:

Yaris Cross G MT Rp350 juta
Yaris Cross G CVT Rp363 juta
Yaris Cross S MT Rp405 juta
Yaris Cross S CVT Rp416 juta
Yaris Cross Hybrid non GR Sport Rp450 juta
Yaris Cross Hybrid GR Sport 460 juta.

Sementara itu XFC Concept akan dijual dengan harga Rp400 jutaan, menurut penuturan dealer. Belum ada informasi rinci mengenai spesifikasi atau wujud akhir dari mobil tersebut.

Dealer Mitsubishi hanya mengamini produk itu akan diluncurkan pada Agustus melalui ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, dan konsumen yang berminat sudah bisa mengikuti inden tapi syaratnya memberi tanda jadi Rp5 juta.

Sekilas soal Yaris Cross dan XFC Concept

XFC merupakan calon mobil baru yang masih berwujud model konsep. Mobil ini pertama kali diperkenalkan ke publik Tanah Air saat pembukaan IIMS 2023. Ini merupakan kelanjutan pengenalan di ASEAN usai diperkenalkan di Vietnam pada Oktober 2022.

Baca Juga:   Jangan Lewatkan! Jadwal Siaran Langsung Sprint Race MotoGP Inggris di Trans7

Pada versi konsep, mobil ini menawarkan ground clearance tinggi dengan empat mode berkendara, yaitu Normal, Wet, Gravel, dan Mud. Versi produksinya disebut bakal mengandalkan platform baru dan ditopang mesin bensin 1.500 cc.

Di bagian depan desainer merancang dengan konsep “Dynamic Shield” yang menjadi ciri khas mobil-mobil Mitsubishi. Kemudian lampu depan berbentuk “L” berpadu dengan Daytime Running Light (DRL).

Berbeda dari XFC, Yaris Cross sudah hadir dalam versi produksi dan Toyota telah mengungkap spesifikasinya.

Yaris Cross ini memiliki bentuk mirip SUV dua baris Toyota lainnya yaitu Corolla Cross, namun ukurannya lebih ringkas. Panjang Yaris Cross 4.310 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.615 mm dan jarak antar sumbu roda 2.620 mm, ini lebih besar dari Yaris Cross yang dijual di Eropa dan Jepang.

Baca Juga:   Uji Emisi Gratis di Jakarta Berlaku Sampai Akhir Agustus

Yaris Cross sebenarnya sudah digunakan untuk mobil Toyota Segmen B yang dijual sejak 2020 di Jepang dan 2021 di Eropa. Yaris Cross di dua area ini dirancang menggunakan sasis Toyota New

Global Architecture (TNGA), sementara Yaris Cross untuk Indonesia dirancang memakai Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Yaris Cross memakai mesin yang basisnya sama dengan Toyota Veloz dan Veloz, yaitu berkode 2NR-VE 1.500 cc empat silinder VVT-i dengan klaim tenaga 78 kW dan torsi 138 Nm.

Mobil ini juga punya varian mesin hybrid dengan kode berbeda, 2NR-VEX, kubikasinya sama 1.500 cc tetapi tenaganya lebih besar 82 kW. Versi hybrid Yaris Cross juga sudah dilengkapi fitur EV mode yang membuat pengguna merasakan sensasi seperti mengemudi mobil listrik.

Selain itu sistem hybrid pada Yaris Cross memakai baterai berjenis lithium, berbeda dari hybrid Toyota sebelumnya berjenis nikel.

Loading