Media Sosial Pertama di Dunia

Media Sosial Pertama di Dunia

Melansir laman Maryville University, AS, pada 1980-an akhir hingga 90-an, pertumbuhan internet memungkinkan pengenalan layanan komunikasi online seperti CompuServe, America Online, dan Prodigy.

Layanan itu mulai memperkenalkan pengguna ke komunikasi digital melalui email, pesan papan buletin, dan obrolan online waktu nyata.

Hal ini kemudian memunculkan jaringan media sosial paling awal di dunia, dimulai dengan layanan pengunggahan profil Six Degrees pada 1997. Situs ini mengizinkan pengguna mengunggah foto profil dan saling berteman dengan user lain.

Baca Juga:   Viral! Diduga ASN di Palembang Karaoke Sambil 'Live Streaming' TikTok

Baru pada tahun 1999, blog mulai ramai dikembangkan dan mulai mendapatkan popularitas dengan peluncuran situs LiveJournal.

Empat tahun setelahnya yakni pada 2001, barulah muncul Friendster. Platform ini menarik jutaan pengguna dan mengaktifkan pendaftaran alamat email dan jaringan online dasar.

LinkedIn menyusul pada 2002 sebagai situs jejaring untuk para profesional yang berorientasi karier. Sampai saat ini, LinkedIn masih menjadi media sosial pilihan bagi pencari kerja serta manajer sumber daya manusia yang mencari kandidat karyawan sesuai kualifikasi.

Baca Juga:   Ini 4 Analisis dr Boyke Soal Viral Predator Fetish Kain Jarik

Era YouTube hingga Facebook

Setelah itu, media sosial terus berkembang dengan berbagai ledakan kesuksesan awal. Pada 2003, Myspace diluncurkan. Tiga tahun setelahnya pada 2006, media sosial ini menjadi situs web yang paling banyak dikunjungi di dunia.

Namun sayangnya, kesuksesan MySpace tak bertahan lama karena pada 2006 Facebook muncul. Pada tahun 2008, rekor pengunjung situs terbanyak Myspace dikalahkan oleh Facebook. Di tahun 2006 juga, twitter dikenalkan untuk khalayak umum.

Adapun YouTube keluar terlebih dahulu sebelum Facebook, yakni pada tahun 2005. Platform ini menciptakan cara baru bagi orang-orang untuk berkomunikasi dan berbagi satu sama lain dalam jarak yang sangat jauh.

Baca Juga:   Ini Cara Efektif Mencegah Akun Gmail dan YouTube Dihapus oleh Google di Tahun 2023

Berurut setelah itu muncul media sosial Tumblr, Foursquare, Pinterest, Instagram, TikTok, dan yang terbaru, Threads.

Loading