Mbah Harun Jemaah Haji Tertua Indonesia Tiba di Madinah

Harun bin Senar, atau lebih diakrab disapa Mbah Harun, jemaah haji tertua Indonesia Tahun 1444 Hijriah/2023 M ini berumur 119 tahun. Mbah Harun jemaah haji asal Kecamatan Proppo, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah.

Ia bersama 450 rombongan tergabung dalam kelompok terbang (kloter) Surabaya (SUB) 06, Jumat dini hari (26/5/2023) sekitar pukul 01.10 WAS.

Mbah Harun mengaku, dirinya baik-baik saja ketika mendarat di Madinah. “Saya bahagia sudah sampai ke Madinah. Saya tidak sendiri, saya berangkat haji ditemani keponakan saya, Musdi,” jelasnya dengan menggunakan logat Madura.

Ditanya apakah sehat? Ia mengaku sehat, bisa jalan? Sangat bisa, seketika ia berdiri dari kursi roda mempraktikkan jalan.

Petugas PPIH yang menjemput Mbah Harun mengaku menempatkan ia di kursi roda, pertama karena sudah dini hari dan kondisi kelelahan agar tidak banyak risiko dipandu menggunakan kursi roda hingga ke dalam bus.

Mbah Harun bersama rombongannya SUB 06 selama di Madinah akan ditempatkan di Hotel Royal Al Madinah Hotel.

Sebelumnya diberitakan, menurut data dari Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kemenag, Mbah Harun merupakan jemaah tertua pada tahun ini dengan usia 119 tahun. Mbah Harun sendiri mendaftar haji pada tahun 2017. Ia mendaftar haji bermodalkan hasil menjual tanah di dekat tempat tinggalnya.

Baca Juga:   Daftar Kampus yang Kritik Jokowi dan Pilpres 2024

Daftar di tahun tersebut, Mbah Harun seharusnya baru dapat berangkat pada tahun 2046. Namun, ia mendapatkan kuota prioritas lansia, sehingga bisa menunaikan haji di tahun 2023.

Loading