Logo HUT RI ke-78 dengan Tema Terus Melaju untuk Indonesia Maju

Istana merilis logo dan tema peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-78 RI. Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan logo dipilih langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Tema yang diusung dalam peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI adalah ‘Terus Melaju untuk Indonesia Maju’.

“Tema besar tahun ini adalah terus melaju untuk Indonesia maju. Itu tema besarnya. Dan berikutnya adalah logo kemerdekaan RI ke-78 ini adalah logo yang dipilih Bapak Presiden,” kata Heru dalam konferensi pers virtual, Senin (12/6).

Logo itu memadukan angka tujuh dalam garis solid dan angka delapan dalam lima garis berwarna merah. Di sebelah logo, tertulis kalimat ‘Terus Melaju Untuk Indonesia Maju’.

Heru menerangkan logo dilarang untuk diubah dari komposisi warna, angka dan huruf dimiringkan, atau huruf digelapkan.

“Dilarang menambahkan efek apapun pada logo. Dilarang merubah warna logo jadi warna bergradasi,” katanya.

Ia juga menyarankan kementerian/lembaga maupun pemerintah daerah untuk menyemarakkan logo dan tema HUT ke-78 melalui LED, banner, hingga media luar ruang lainnya pada pertengahan Juli nanti.

Baca Juga:   Sulami 'Manusia Kayu' Asal Sragen Meninggal Dunia

“Kita bersepakat dimulai pertengahan Juli, sudah ada semarak HUT RI 2023, dimana logo, banner mulai dari Aceh sampai Papua sudah bisa ditayangkan di tempat strategis,” katanya.

Menurut keterangan tertulis Kementerian Sekretariat Negara, logo yang dibuat pada tahun ini melambangkan gagasan gotong royong, harmoni, dan sifat tanggung jawab bersama sebagai aspirasi kesejahteraan rakyat, sehingga menghasilkan sumber daya manusia unggul untuk menghadapi persaingan global.

Loading