Lintasan Baru Ujian Praktek SIM Motor

Materi baru ujian praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) C sepeda motor resmi berlaku. Hasilnya, tingkat keberhasilan calon pemohon SIM C mencapai 98 persen.

Hal tersebut terlihat dari penerapan ujian praktik SIM C yang sudah menggunakan lintasan baru, tanpa memakai materi zig-zag dan angka delapan di Satpas Daan Mogot, Jakarta Barat, pada Senin (7/8).

Aiptu Adi Wiguna, Bamin Praktik Satpas SIM Daan Mogot mengatakan dalam penerapan hari pertama ujian SIM C menggunakan materi dan lintasan baru, hanya ada empat pemohon tidak lulus, dari total 350 orang peserta.

Baca Juga:   Video Viral: Detik-detik Menegangkan Saat Bocah Terbang Terbawa Layangan

“Ujian praktik SIM yang daftar pada hari ini (Senin) kira-kira 350 orang, yang gagal 4 orang. Jadi total yang lulus hari ini 346 orang,” kata Adi mengutip detik, Selasa (8/8).

Menurut Adi lintasan SIM C yang diadopsi sekarang lebih relevan dengan kondisi jalan raya di Indonesia.

Ia juga menjelaskan para peserta yang gagal pada ujian praktik, dapat mengikuti ujian kembali pada hari yang sama. Namun jika kembali gagal, mereka dapat mengikuti latihan yang disediakan Satpas SIM setiap akhir pekan.

Baca Juga:   Kisah Seorang Mencari Kucing-kucingnya yang Hilang Pasca Gempa Jepang

“Yang tidak lulus diberi kesempatan mengulang pada hari yang sama. Umpama hari ini gagal, diberi kesempatan mengulang sekali lagi. Tapi kalau memang dia nggak bisa lagi, nggak lulus, diberi kesempatan untuk berlatih hari Minggu, atau berlatih hari Sabtu,” kata dia.

Pada materi baru, ujian praktik SIM C nantinya akan dilakukan pada lintasan berbentuk sirkuit yang spesifikasinya telah diperbarui dari versi lama.

Dari denah yang diungkap Korlantas Polri, sirkuit ujian praktik SIM C memiliki tiga lintasan lurus dan lima area berbelok, yang satu bagiannya menyerupai huruf S untuk menggantikan angka 8.

Baca Juga:   Update Gempa Dahsyat Taiwan: 9 Korban Tewas dan 100 Lebih Luka-luka

Saat uji praktik dimulai, pemohon SIM C akan masuk melalui garis start, lalu keluar dari sisi lainnya setelah menyelesaikan semua tantangan pada sirkuit itu.

Lintasan ini mengakomodir empat materi ujian praktik dengan ukuran yang sudah diperlebar dan tanpa materi zig-zag atau disebut juga slalom. Ujian angka 8 diganti ujian berbentuk huruf S.

Loading