Lagu Baru LE SSERAFIM Dituduh Meniru Lagu bad idea right? Olivia Rodrigo

LE SSERAFIM kembali terjerat dugaan plagiat. Girl group Kpop itu kini diduga menjiplak lagu Olivia Rodrigo untuk album terbaru, EASY.

Mereka dituduh meniru lagu bad idea right? yang dirilis Olivia Rodrigo pada 2023. Tuduhan tersebut muncul tak lama usai grup itu mengunggah video LE SSERAFIM EASY TRAILER Good Bones pada 26 Januari.

Video itu menampilkan narasi dari para member berbahasa Korea, Jepang, dan Inggris diiringi musik rock. Namun kontroversi muncul pada bagian yang memperdengarkan member menyanyikan lirik “Easy, crazy, hot, I can make it.”

Bagian tersebut dinilai para pendengar mirip dengan bagian “bad idea right?” Olivia Rodrigo yang dirilis dalam album studio keduanya, Guts.

Korea Times pada Senin (12/2) memberitakan hal itu ramai diperbincangkan di media sosial. Beberapa pengguna X/Twitter menilai LE SSERAFIM mengambil banyak referensi dari Olivia Rodrigo.

“Jelas LE SSERAFIM mengambil terlalu banyak referensi dari Rodrigo […] Jika saya jadi dia, saya akan tercengang,” cuit netizen.

“Ini adalah konvensi genre rock, tapi gaya keseluruhannya sangat mengingatkanku pada Rodrigo,” tulis netizen yang lain.

Di sisi lain, banyak pula yang membela Kim Chaewon, Sakura, Huh Yunjin, Kazuha, dan Hong Eunchae. Salah satu netizen menilai kemiripan itu “dapat dikaitkan dengan pengaruh bersama dalam genre rock.”

Baca Juga:   Mitsubishi XForce Resmi Meluncur Harga Mulai Rp 379,9 Juta

“Sangat disayangkan melihat begitu banyak troll online yang menganggap karya orisinal LE SSERAFIM sebagai hasil jiplakan tanpa pengetahuan profesional apa pun,” pembelaan netizen yang lain.

Hingga kini, belum ada komentar resmi dari LE SSERAFIM, Source Music selaku agensi atau HYBE selaku label terkait tuduhan plagiat terbaru.

Tuduhan ini hadir setelah LE SSERAFIM sempat dituding menjiplak Chicken Teriyaki, lagu artis Spanyol Rosalia untuk UNFORGIVEN tahun lalu.

Beberapa orang mencatat kesamaan dalam melodi, koreografi, dan konsep visual dari video musik pengiringnya, sehingga membuat perbandingan lebih jauh dengan karya penyanyi Spanyol sebelumnya.

Baca Juga:   Pemuda Asal Pati Lukis 7 Wajah Presiden Pakai Nama Desa di Indonesia Raih Rekor MURI

Menanggapi tuduhan yang kian meningkat, Source Music tidak memberikan komentar hingga perilisan album UNFORGIVEN. Namun, selama acara pers menandai debut album, Kim Chae-won selaku leader berusaha meredam kontroversi tersebut

“Lagu dan konsep kami menampilkan cerita dan pesan kami sendiri. Kami akan sangat menghargai jika Anda dapat melihatnya sebagai lagu asli kami,” tuturnya.

Loading