Kim Soo Hyun, Pemeran Utama Drama Korea ‘Queen of Tears’, Raih Gelar Aktor Termahal dengan Total Kekayaan yang Mengagumkan

Dari murid di kelas akting hingga menjadi salah satu aktor Korea dengan bayaran tertinggi, Kim Soo Hyun telah berhasil mengukuhkan namanya di industri hiburan Korea Selatan. Seiring dengan kesuksesan drakor terbarunya, Queen of Tears, kekayaan Kim Soo Hyun pun menjadi sorotan.

Kim Soo Hyun, yang sudah masuk dalam daftar Power Celebrity 40 Forbes Korea selama tiga tahun, telah membawakan beberapa film dan acara TV terbaik dalam beberapa tahun terakhir. Tak sampai di situ, ia bahkan diberi penghargaan dengan dibuatnya patung lilinnya di Madame Tussauds Hong Kong dan Musee Grevin, Seoul pada tahun 2015 lalu.

Drakor terbaik Kim Soo Hyun yang mengisi daftar teratas sepanjang kariernya antara lain, Dream High (2011), Moon Embracing the Sun (2012), The Thieves (2012), My Love from the Star (2013), The Producers (2015), Real (2017), It’s Okay to Not Be Okay (2020), dan One Ordinary Day (2021).

Berbicara tentang perannya dalam drakor terbaru di Netflix, Queen of Tears, Kim Soo Hyun berkata dalam sebuah wawancaraa dengan The Korea Times, “Saya telah dengan rajin mencari proyek yang tepat. Dalam pencarianku, aku menemukan Queen of Tears. Meskipun ini adalah peran pertamaku dalam pernikahan, aku merasakan keinginan yang kuat sebagai aktor untuk memasukkan diriku dan pesona bawaan Baek, termasuk sifat lembutnya, kecerdasannya dan sebagainya, untuk beresonansi dengan penonton.”

Total Kekayaan Kim Soo Hyun

Melansir dari laman Lifestyleasia yang dirangkum dari berbagai media, total kekayaan Kim Soo Hyun kurang lebih berada di angka USD 117 Juta pada tahun 2024.

Meskipun sulit untuk menyebutkan angka pastinya, sudah jelas bahwa Kim Soo Hyun yang telah memiliki banyak peran utama, memperoleh penghasilan yang cukup besar dari proyek akting, iklan, media sosial, dan brand ambassador.

Filmografi dan penghasilan Kim Soo Hyun dari akting

Kim Soo Hyun telah lama menghibur pecinta drakor dengan film dan acara yang bagus. Dianggap oleh media sebagai Korea’s Ocean’s Eleven, The Thieves menjadi film terlaris kedua dalam sejarah film Korea dengan lebih dari 12,9 juta penjualan tiket, setelah dirilis pada tahun 2012.

Baca Juga:   Polisi Membongkar Peredaran Keripik Pisang Narkoba yang Dijual Rp1,5 sampai Rp6 Juta

Menurut Box Office Mojo, film debut Kim Soo Hyun mengumpulkan USD 87.129.910 di box office seluruh dunia. Sementara itu, ditulis oleh penulis skenario terkenal Korea Selatan Jo Yong, drakor romantis It’s Okay to Not Be Okay dianggap sebagai salah satu Pertunjukan Internasional Terbaik tahun 2020 oleh The New York Times.

Kim Soo Hyun membuat debut televisinya pada tahun 2007 dengan peran pendukung dalam sitkom keluarga Kimchi Cheese Smile. Penampilannya diapresiasi secara luas, dan pada tahun 2008, Kim mendapatkan peran utama dalam drama remaja Korea KBS yang mendapat pujian kritis, Jungle Fish. Berdasarkan kisah nyata, acara ini membahas masalah terkait kecurangan dalam ujian dan standar akademik kompetitif yang tidak realistis di Korea.

Pada tahun 2009, Kim membintangi film pendek Worst Friends. Sebagai sutradara Namkoong Sun, film tersebut memenangkan penghargaan Film Terbaik dalam Drama Sosial di Festival Film Pendek Mise-en-scène. Pada tahun yang sama, Kim juga mendapatkan drama spesial hit SBS, Father’s House, yang dibintangi oleh aktor veteran Choi Min-soo.

Namun, baru pada tahun 2011 aktor The Jungle Fish menjadi terkenal. Perannya dalam drama musikal remaja Dream High bersama Bae Suzy membuatnya mendapatkan popularitas yang luas di Korea. Kim adalah pemain yang berdedikasi dan bahkan menjalani pelatihan idola selama tiga bulan di JYP Entertainment untuk perannya. Tak hanya itu, Kim juga merekam dua lagu untuk soundtrack drama tersebut. Ini termasuk OST solonya “Dreaming” dan judul lagu “Dream High”.

Popularitas Kim melejit setelah penampilannya yang menjanjikan dalam drama sejarah Moon Embracing the Sun. Drama ini mencatat rating nasional sebesar 42,2 persen, menurut Nielsen Korea, dan semakin mengukuhkan status Kim sebagai salah satu aktor K-drama terbaik. Menurut KDramaStars, Kim memperoleh USD 500.000 dari acara TV-nya pada akhir tahun 2012.

Baca Juga:   Piala Dunia U20 2023: Perancis Tersingkir Setelah Kekalahan dari Gambia dan Korsel

Selama bertahun-tahun, Kim Soo-hyun telah membintangi berbagai drama dan film Korea hits. Ini termasuk Secretly, Greatly (2013), My Love from the Star (2013), The Producers (2015) dan Real (2017). Aktor ini juga memberikan akting cemerlang K-drama yang berkesan di acara populer seperti Hotel del Luna (2018) dan Crash Landing on You (2019).

Menurut KDramaStar, setelah berakhirnya wajib militer pada tahun 2019, bayaran Kim Soo-hyun per episode meningkat dua kali lipat dari USD 83.000 menjadi USD 165.000.

Aktor ini memberikan penampilan terbaik dalam karirnya dengan acara Netflix It’s Okay to Not Be Okay pada tahun 2020. Acara tersebut menerima delapan nominasi di Baeksang Arts Awards ke-57, memenangkan dua — Aktor Pendukung Terbaik (Televisi) dan Penghargaan Teknis untuk desain kostum.

Drakor tersebut juga menerima nominasi di Penghargaan Emmy Internasional ke-49 dalam kategori Film TV atau Miniseri Terbaik. Selain itu, ia mendapatkan Kim Daesang (Hadiah Utama) di Asia Artist Awards ke-5 dalam kategori televisi.

Setelah kesuksesan besar drama tersebut, Kim menduduki puncak daftar aktor Korea dengan bayaran tertinggi dengan melampaui bintang Crash Landing On You Hyun Bin. Dia dilaporkan memperoleh penghasilan sebesar USD 165.000 per episode dan menerima total USD 2,6 juta pada akhir drakor hits tersebut.

Pada tahun 2021, Kim mendapatkan serial televisi kriminal One Ordinary Day, di mana ia berperan sebagai seorang mahasiswa yang hidupnya berubah drastis ketika ia tiba-tiba terlibat dalam kasus pembunuhan. Berdasarkan acara Inggris Criminal Justice, One Ordinary Day disutradarai oleh Lee Myung-woo dan mendapatkan Serial Drama Digital Asli Terbaik di APAN Star Awards pada tahun 2022.

Kim Soo Hyun memerankan peran Baek Hyun-woo, direktur hukum perusahaan Korea Selatan, Queens Group — dalam K-drama romantis Netflix Queen of Tears.

Bayaran endorsement Kim Soo Hyun

Selain drakor dan film, Kim Soo Hyun juga memiliki penghasilan sekitar USD 6,6 juta per tahun dari dukungan merek mewah, sehingga menambah kekayaan bersihnya yang sangat besar.

Baca Juga:   Queen of Tears, Drama Korea Hasil dari Reuni Akbar Para Penulis dan Bintang

Dianggap oleh penggemar dan media sebagai “Raja Komersial”, Kim Soo-hyun dilaporkan menandatangani 17 merek dan muncul di lebih dari 30 iklan pada tahun 2014 saja, menurut Pratinjau.

Apalagi setelah kesuksesan My Love from the Stars pada tahun 2014, bayarannya naik dari USD 550.000 menjadi USD 720.000 – 900.000 per iklan. Sebelumnya, Kim bersama Bae Suzy diumumkan sebagai Duta Festival Bunga Internasional Goyang Korea ke-16 pada tahun 2011. Selain itu, pada bulan April 2012, Organisasi Pariwisata Korea menunjuk Kim sebagai Duta Kehormatan pariwisata Korea.

Pada tahun 2021, ia ditunjuk sebagai duta baru rumah mode mewah Amerika Tommy Hilfiger. Sebagai wajah merek tersebut, ia memimpin koleksi pakaian pria musim gugur 2021. Pada tahun yang sama, Kim juga menjadi duta pembuat jam tangan Swiss Mido di Asia.

Selanjutnya pada bulan Juni 2022, YOU Beauty resmi mengumumkan kolaborasinya dengan Kim Soo-hyun. Pada tahun yang sama, Dunkin’ Donuts juga mengungkapkan bahwa Kim adalah endorser produk terbaru mereka.

Pada tahun 2023, Mido memperbarui kolaborasinya dengan aktor tersebut. Sebagai duta merek tersebut, aktor Korea ini mendukung kreasi baru merek pembuat jam tersebut — Ocean Star Decompression Worldtimer.

Pada 17 Agustus 2023, Kim dinobatkan sebagai duta merek baru untuk merek fesyen luar ruangan Eider. Dengan lebih dari 14,5 juta pengikut, Kim juga merupakan salah satu aktor Korea yang paling banyak diikuti di Instagram.

Bintang drakor The Producers kerap membagikan hasil pemotretannya, update proyek, dan postingan sponsornya di media sosial, dikabarkan mendapat penghasilan sekitar USD 10.000 hingga USD 100.000 per postingan di Instagram.

Nah, itulah penjelasan tentang total kekayaan Kim Soo Hyun yang berasal dari pekerjaannya di dunia akting serta endorsement hingga brand ambassador.

Loading