Keren! AI Google Bard Makin Pintar Bisa Veritakan Isi Video Youtube

Pada September 2023 lalu, Google meluncurkan fitur “Bard Extensions” untuk chatbot berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) Google Bard.

Dengan fitur ini, Bard terintegrasi dengan layanan dan aplikasi Google, termasuk Gmail, Docs, Drive, Maps, dan YouTube. Jadi, pengguna bisa membuat rencana liburan lewat satu percakapan, misalnya mencari video YouTube seputar area yang patut dikunjungi.

Kini, ekstensi YouTube untuk Google Bard diperbarui sehingga makin pintar, tidak hanya mencari video, Bard kini bisa memahami konten dari video YouTube.

Pengguna bisa menanyakan detail spesifik atau rangkuman video YouTube kepada Google Bard, dan robot AI itu akan menceritakan isi video, sehingga pengguna tak perlu menonton hingga tuntas.

Baca Juga:   5 Restoran yang Kerap Disambangi Para Selebriti Terkenal

Sebagai contoh, pengguna yang sedang mencari video tutorial cara membuat kue dengan minyak zaitun, bisa langsung menanyakan Bard berapa jumlah telur yang digunakan dalam resep di video tersebut.

Menurut Google, fitur ini diperbarui berdasarkan keinginan pengguna Bard untuk berinteraksi lebih dalam dengan video YouTube.

“Kami mengerti, Anda (pengguna Bard) ingin interaksi yang lebih dalam dengan video YouTube. Oleh karena itu, kami memperluas (kapabilitas) ekstensi YouTube untuk memahami konten video,” tulis Google dalam situs Bard Experiment.

“Dengan demikian, Anda bisa berbincang secara lebih dalam dengan Bard,” lanjutnya.

Adapun fitur ini sudah bisa dicoba oleh semua pengguna. Pantauan KompasTekno, Sabtu (25/11/2023), fitur ini juga dapat dijajal di Indonesia. Catatannya, fitur ekstensi YouTube tersebut baru bisa digunakan untuk Google Bard berbahasa Inggris.

Baca Juga:   14 Tips Jitu Jadi Youtuber dari Nol Hingga Hasilkan Cuan Perdetik

Apabila ingin mencobanya, pengguna bisa mengunjungi tautan ini, kemudian menekan tombol “Extensions” (berbentuk puzzle) di kanan atas halaman situs. Pastikan ekstensi YouTube sudah aktif, lalu mulailah bertanya lewat kolom obrolan yang sudah disediakan.

Pengguna dapat menanyakan rangkuman sebuah video dengan menuliskan “Summarize”, diikuti dengan tautan video YouTube yang ingin dirangkum. Jika ingin memberikan pertanyaan lanjutan, pengguna tinggal bertanya tanpa harus mengirimkan tautan video kembali.

YouTube bikin fitur serupa

YouTube tengah menguji coba fitur “Ask” berbasis AI yang memungkinkan pengguna bertanya seputar video di platform tersebut. Fitur Ask ini diletakkan bersebelahan dengan tombol “Share” dan “Download” di video YouTube.

Baca Juga:   Ini Cerita Pria Makassar yang Nikahi Bule Prancis: Ngobrol Pakai Google Translate

Ketika diketuk, pengguna bisa berinteraksi dengan sebuah chatbot yang bisa merangkum video, merekomendasikan konten terkait dengan video tertentu, dan membahas sebuah topik secara lebih dalam, sebagaimana dikutip KompasTekno dari 9to5Google, Sabtu (25/11/2023).

Fitur ini sudah bisa dicoba oleh pelanggan layanan YouTube Premium di Amerika Serikat. Layanan yang dibanderol seharga Rp 59.000 per bulan di Indonesia menawarkan pengalaman menonton video dan streaming musik bebas iklan, mengunduh video, dan lain sebagainya.

Loading