Keluhan Netizen: Wisuda Ala Mahasiswa Di Jenjang TK, SD, SMP, dan SMA, Apakah Sudah Terlalu Berlebihan?

Prosesi wisuda identik dengan kelulusan Mahasiswa untuk Perguruan Tinggi. Namun kini jenjang seperti TK, SD, SMP, dan SMA juga mulai menggelar wisuda untuk kelulusan.

Tetapi justru jenjang wisuda untuk TK hingga SMA tersebut, malah dinilai Bebani orang tua. Hal ini menjadi sorotan dan keluhan bagi para orangtua di lintas pendidikan, khususnya dari sekolah TK, SD ,SMP dan SMA.

Beberapa hari ini ramai postingan di media sosial yang mengeluhkan acara wisuda untuk jenjang TK,SD, SMP dan SMA. menurut mereka acara Wisuda cukup untuk di jenjang Kuliah atau Mahasiswa saja.

Akun media sosial @Tia Setiati, Lagi rame bahas wisuda nihh, Aku tim yang gak setuju dengan acara wisuda untuk anak sekolah tingkat TK, SD, SMP dan SMA. Karena mereka masih butuh banyak biaya untuk ke tingkat selanjutnya, ucapnya.

Baca Juga:   Viral di Media Sosial Video Kamar Seorang Fans KPop Diruqyah

Kalau misal acara wisuda udah makan biaya apalagi wisuda nya di hotel berbintang apa gak babak belur tuh para orangtua, karna gak semua ortu siswa mampu lohh !!!

Please kemendikbud tolong i arahkan sekolah – sekolah mengadakan acara wisuda untuk lebih bijak lagi dalam memilih acara untuk pelepasan anak didik nya. Ttd. Perwakilan emak2 yang gak setuju acara Wisuda, harapnya pada postingan media sosialnya.

” TOLONG kembalikan Wisuda kepada kampus dan mahasiswa, jangan semua mau wisuda dr TK, SD, SMP SMU. ” Memang ada ujian skripsi n penelitian juga ka…, tulis akun @Sandhi Agung”

Baca Juga:   Viral Tukang Ojek Mengangis saat Marahi Anak yang Terlibat Tawuran

Akun @Popon Amirruloh juga mengatakan pada postingannya ” Pusing dengan dunia pendidikan jaman sekarang TK wisuda,SD wisuda, SMP wisuda, SMA wisuda, kuliah wisuda.

Padahal dari pada buang buang duit buat biaya wisuda, mending buat biaya masuk sekolah selanjutnya jadi wisuda cukup 1x kuliah doang. Katanya

Ditambahkan akun @Yesi Marheni tulisnya pada postingan media sosialnya “Jane seng ngonokno wisuda TK,SD,SMPSMA ki sopo loh kok touuman njaluk di gitik kecete?”

Gak kabeh wali murid iku mampu pas anake omong buk,yah,ma,pa,pak, mbah minta uang sekian untuk acara wisuda bla bla bla bla. Buang – buang duit perasaanku dari pada gawe wisuda karuan uange iso gawe daftar sekolah selanjute.

Baca Juga:   Video Viral: Aksi Emak-emak Pindahkan dan Menggendong Singa dengan Santai

Ayolah cukup yang kuliah saja yang mengadakan WISUDA, Sakno loh sambate wali murid, maaf mohon bagi yang kurang mampu dan Biaya diwajibkan ada

Faedahe iku loh opo? kan bisa diadakan perpisahan biasa yg kiranya tidak memakan biasa besar. Ucapnya

Tak hanya itu, masih banyak Netizen lainnya yang menulis pada postingan di media sosialnya seperti Facebook maupun Twitter. Seperti @Nadira Tamara ” Wisuda TK, SD, SMP SMA perlukah ? Apa makna wisuda bagi mereka? tanya @Nadira Tamara, Nambah biaya iya, dr baju toga, buket dll.

Belum lagi study tour. Makna kesakralan wisuda hilang, masihkah anak anak kita kelak termotivasi untuk wisuda sarjana ? Ternyata banyak dari walimurid yang ngeluh.

Loading