Kelompok Keroncong Al-Zaytun Sambut Aksi Massa dengan Lagu Salam Yahudi

Aksi massa dari Forum Indramayu Menggugat (FIM) saat menggeruduk ponpes Al-Zaytun yang terjadi pada Kamis lalu, disambut santai oleh pihak Al-Zaytun. Bahkan, diantaranya tampil group keroncong dari internal Ponpes tersebut.

Penampilan group keroncong terlihat dari unggahan video di sebuah akunt Sosmed TikTok.

Dalam tayangan video itu, massa pendukung ponpes terus melantunkan asmaul husna dari dalam pagar pembatas Ponpes Al Zaytun, Indramayu, Jawa Barat. Termasuk oleh Group Keroncong.

“Pendemo Al Zaytun berorasi. Keroncong Al Zaytun menyanyikan lagu salam Havenu Shalom Alechem,” demikian keterangan video tersebut.

Baca Juga:   Mbah Harun Jemaah Haji Tertua Indonesia Tiba di Madinah

Tampak dalam video berdurasi satu menit 40 detik tersebut, grup keroncong dikelilingi oleh ratusan orang yang kompak bernyanyi, beberapa terlihat bertepuk tangan sambil melompat-lompat.

Sebagai informasi, lagu tersebut merupakan lagu rohani Kristen yang sudah sangat populer. Dalam bahasa Ibrani, Havenu Shalom Aleichem memiliki arti ‘Semoga Damai Menyertaimu’. Namun, ada juga yang menyebutkan hal itu sebagai ucapan salam orang Yahudi.

Sebelumnya, lagu ini pertama kali dikenalkan Panji Gumilang kepada para santri-santrinya pada tahun 2022 lalu. Hal ini diungkap langsung oleh Lucky Hakim yang kebetulan saat itu masih menjabat Wakil Bupati Indramayu.

Baca Juga:   Panji Gumilang Mengatakan Masjid di Indonesia Dipenuhi Orang Putus Asa

Lucky mengaku, diundang ke lokasi pesantren yang terdiri dari tanah garapan pertanian modern dan peternakan modernnya. Dia menjelaskan, tidak terlalu mendalami kurikulum dan apapun tentang teknis pengajaran di pesantren tersebut.

“Itu tahun lalu waktu saya masih jadi kepala daerah di Indramayu dan diundang sebagai kepala daerah, di dalam pesantren ada tanah garapan pertanian modern dan peternakan modern, selebihnya saya tidak terlalu mendalami kurikulum dan apapun tentang teknis pengajaran. Jadi mungkin bisa ditanyakan langsung ke pihak Al-Zaytun bila mana ada yang mau tau tentang metode dan ajarannya,” kata Lucky berkomentar melalui akun Instagram centang birunya @luckyhakimofficial beberapa waktu lalu.

Loading