Kejadian Lucu, 2 Bule Nyasar Kondangan di Kulon Progo Karena Salah Sangka Dikira Rumah Makan

Peristiwa unik terjadi dalam sebuah pesta pernikahan di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dua orang bule tiba-tiba masuk ke lokasi hajatan dan menyantap menu prasmanan yang dihidangkan di sana.

Peristiwa itu diabadikan dalam video yang belakangan ini viral di sosial media. Salah satunya dibagikan oleh akun Instagram @panoramakulonprogo.

Dalam video terlihat dua bule pria dengan setelan kaos oblong, celana pendek, serta tas ransel sedang berjalan kaki memasuki tempat hajatan. Terlihat juga seorang pria mengenakan kemeja batik, celana panjang hitam, dan peci hitam sedang mengarahkan dua tamu asing itu menuju meja prasmanan untuk makan bersama.

“Monggo mister, pinarak, lenggah kampir, dhahar rumiyin, sak ontene nggih, FREE (mari mister, silakan masuk, duduk, makan dulu, seadanya ya, gratis).

Beginilah ketika 2 Bule ini ditawari oleh Pak @pariman_namirap yang punya hajat di dekat Taman Sungai Mudal. Entah kejadian ini tepatnya di hari Rabu atau Kamis kemarin,” tulis akun @panoramakulonprogo.

“Jadi cerita awalnya kedua bule ini mengira bahwa tempat kondangan ini adalah rumah makan. Karena saking ramahnya tuan rumah, beliau mempersilahkan kedua bule ini untuk makan, dan sekaligus pulangnya dapet angsul-angsul atau bingkisan kondangan. Wah istimewa sekali ya keramahan Kulon Progoku, Indonesiaku, bangga,” imbuhnya.

Baca Juga:   Viral Komandan Paskibraka Celananya Melorot Saat Upacara

Video ini diunggah pada Sabtu (26/8/2023) lalu dan sekarang telah disukai 2.662 pengguna serta mendapat puluhan komentar bernada positif dari warganet.

“Orang indo emang terkenal ramahnya,” tulis salah satu akun dikutip dari komentar postingan tersebut pagi ini.

Akun @kopi_pari bahkan berkomentar tentang pengalamannya menyaksikan langsung peristiwa tersebut. Menurutnya bule itu mengira jika lokasi hajatan adalah warung makan.

“Aku pas nyinom kui (saya sedang membantu yang punya hajat saat itu) min, ada bule berwisata di Sungai Mudal sedang cari makan, dan dikira tempat hajatan itu warung makan,” tulisnya.

Dikira Rumah Makan

Usut punya usut, peristiwa unik ini ternyata terjadi di wilayah Ekowisata Sungai Mudal, Kalurahan Jatimulyo, Kapanewon Girimulyo, Kulon Progo, pada Kamis (24/8) lalu. Hal ini dikonfirmasi oleh Pengelola Ekowisata Sungai Mudal, Mudi Heriyanto.

Baca Juga:   Kontroversi Siomay Berbulu Viral di Media Sosial, Polisi Lakukan Investigasi

“Iya Mas, Kebetulan saat itu Mas Pariman yang juga pengelola di sini sedang menggelar pesta pernikahan. Nah hajatannya digelar di rumahnya yang lokasinya di kawasan Sungai Mudal,” ucap Mudi.

Mudi mengatakan peristiwa ini bermula saat dua bule berwisata di area Ekowisata Sungai Mudal. Sebelumnya, dua bule ini masuk lewat pintu sebelah atas Sungai Mudal, karena pintu masuk bagian bawah ditutup untuk kegiatan hajatan.

Di Sungai Mudal, dua bule ini menghabiskan waktunya dengan berenang di kolam alami. Selepas bermain air, kedua bule ini merasa kelaparan lalu berniat mencari makan.

Namun saat itu seluruh warung di kawasan Sungai Mudal tutup karena ada hajatan pernikahan yang digelar warga di depan loket masuk area bawah wisata. Diduga, bule ini mengira tenda pesta hajatan itu rumah makan sehingga dengan santainya masuk ke lokasi tersebut untuk makan.

“Bule itu kan awalnya mau ke wisata Sungai Mudal, tapi tidak lewat yang parkir bawah karena sedang kita tutup untuk hajatan di tempatnya Mas Pariman. Jadi diarahkan ke parkiran atas. Lalu bule ini turun ke kolam bawah yang berkedalaman dua meter,” ucap Mudi.

Baca Juga:   Viral Istri Polisi di Probolinggo Nikmati Liburan Tanpa Macet, Dikawal 2 Patwal

“Nah setelah itu bulenya itu mau cari makan, tapi kan warung makan di sana pada tutup karena sedang rewang (membantu hajatan) di tempat Mas Pariman. Nah kemungkinan besar bule ini ngira kalau hajatan Mas Pariman itu adalah rumah makan,” sambung Mudi sembari tertawa.

Alih-alih mengusirnya, si empunya hajat justru menyambut kedatangan dua bule itu dengan ramah. Bahkan mempersilakan keduanya untuk makan sepuasnya secara gratis.

Mudi mengatakan peristiwa ini merupakan kali pertama terjadi di wilayahnya. Karena itu sempat membuat heboh para tamu yang hadir dalam hajatan tersebut.

“Kedatangan bule itu sempat membuat tamu dan empunya rumah ger-geran. Karena kan pas ndilalah ada tamu kondangan juga yang datang. Tapi kagetnya itu kaget yang seneng gitu,” ujarnya.

Loading