Jose Mourinho Resmi Dipecat AS Roma

Jose Mourinho resmi dipecat AS Roma pada Selasa (16/1/2024). Ia dipecat lantaran performa i Giallorossi terus merosot pada Liga Italia.

“AS Roma mengumumkan bahwa Jose Mourinho dan kolaborator teknisnya akan segera meninggalkan Klub. Pembaruan lebih lanjut mengenai panduan teknis tim utama yang baru akan dikomunikasikan segera,” begitu isi pernyataan resmi AS Roma.

Pelatih Portugal itu didepak setelah mengabdi selama dua setengah musim di Stadion Olimpico. Mengutip Calciomercato, Dan Friedkin selaku presiden AS Roma menyampaikan langsung kabar pemecatan ke Jose Mourinho. Keputusan itu diambil lantaran kinerja mengecewakan tim belakangan ini.

AS Roma merosot ke urutan sembilan klasemen sementara Liga Italia 2023/2024. Mourinho hanya bisa membawa timnya meraih 29 poin dari 20 pertandingan, hasil dari 8 kemenangan, 5 seri, dan 7 kekalahan.

Tidak hanya itu, AS Roma juga dipastikan gugur di Coppa Italia. Romelu Lukaku cs disingkirkan rival sekota, Lazio, dengan skor 0-1.

Baca Juga:   VIRAL Penerjun Payung Tewas Setelah gagal Kembangkan Parasut dari Atas Lantai 29

Hasil-hasil buruk itu kabarnya tidak sejalan dengan biaya skuad yang punya tagihan 103 juta euro per tahunnya. Angka tersebut menempatkan AS Roma sebagai klub dengan gaji pemain tertinggi ketiga di Serie A, hanya kalah dari Juventus dan Inter Milan.

Mourinho sendiri punya gaji besar selama membesut AS Roma. The Special One diupah gaji bersih 7 juta euro (Rp 118,94 miliar) per musim, sama seperti yang diterima Massimiliano Allegri di Juventus.

Mourinho tak hanya gagal mendongkrak performa AS Roma, tapi juga kerap menunjukkan emosi berlebihan. Dia sudah lima kali dapat kartu merah, dengan yang terbaru saat bersua Atalanta pada 8 Januari 2024.

Baca Juga:   Viral Pria di Grobokan Ludahi dan Tampar Nenek-nenek, Dipicu Masalah Parkir

Daniele De Rossi Jadi Pelatih Baru AS Roma

AS Roma menunjuk Daniele De Rossi sebagai pelatih anyar. De Rossi dikontrak untuk menukangi Gianluca Mancini dkk hingga akhir musim.

Penunjukkan De Rossi ini dilakukan hanya beberapa jam seusai Il Lupi memecat Jose Mourinho. De Rossi jelas bukan sosok asing untuk Roma. Ia pernah membela Serigala Ibu Kota saat menjadi pemain selama 18 tahun.

De Rossi yang merupakan produk akademi Roma membela Roma pada rentang 2001-2019. Ia gantung sepatu pada 2020 seusai sempat hengkang ke Boca Juniors selama satu musim.

Laga menghadapi Verona akhir pekan nanti bakal menjadi debut De Rossi sebagai juru taktik Roma. Duel ini bakal digelar di Olimpico (21/1/2024).

“AS Roma dengan senang hati mengonfirmasi bahwa Daniele De Rossi telah ditunjuk sebagai pelatih kepala hingga 30 Juni 2024,” bunyi pernyataan di situs Roma.

Baca Juga:   Viral Pemain Sepak Bola Tewas Tersambar Petir di Lapangan Siliwangi Bandung

“Setelah 18 tahun berkarier bermain bersama AS Roma, De Rossi akan kembali ke rumah sebagai pelatih kepala, dengan pertandingan pertamanya adalah pertandingan Serie A mendatang klub melawan Verona pada Sabtu malam di Stadio Olimpico,” lanjut pernyataan tersebut.

De Rossi sebelumnya sempat melatih tim Serie B SPAL. Pria 40 tahun ini tak bertahan lama di SPAL karena hanya melatih pada rentang Oktober 2022 hingga Februari 2023. Ia dipecat setelah SPAL mencatatkan hasil kurang memuaskan.

Tugas berat kini menanti De Rossi dalam tugas pertamanya melatih tim Serie A. Ia diharapkan bisa membangkitkan Roma yang kini terjerembab di posisi ke-9 dengan 29 poin.

Loading