Jalur Puncak Bogor Macet, Polisi Berlakukan One Way

Sejumlah titik di kawasan wisata Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, terpantau padat pada Sabtu (3/6), yang merupakan libur akhir pekan panjang.

“Hambatan baik di Pasar Cisarua, Megamendung, sudah cukup panjang kurang lebih sudah 500 meter,” kata KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ardian Novianto, Sabtu (3/6).

Ardian mengatakan volume kendaraan meningkatkan dibanding akhir pekan pada umumnya, dengan peningkatan arus cukup tinggi.

Kepolisian pun menetapkan sistem satu arah (one way) dari arah Jakarta menuju Puncak, untuk menguras kendaraan yang hendak menuju Puncak.

Baca Juga:   Briptu Renita Rismayanti Meraih Penghargaan Polisi Terbaik dari PBB

“Diberlakukan rekayasa arus lalu lintas one way arah atas dari Jakarta menuju Puncak baru terbuka di pukul 08.30 WIB, mengingat antrean dari penerapan ganjil genap sudah mencapai rest area Km 45 Tol Jagorawi, maka kami saat ini menerapkan satu arah ke Puncak,” ujarnya.

Apabila one way sedang diterapkan, maka ganjil genap dihentikan. One way dilakukan secara situasional melihat volume kendaraan di kawasan Puncak.

“Jadi akan melihat situasional untuk arus yang datang dari Jakarta maupun Ciawi, kami akan lihat yang ke arah Puncak. Apabila sudah kondusif atau terserap semuanya, maka kami akan normalkan,” katanya.

“Namun apabila sampai pukul 12.00 WIB arusnya belum terserap, maka akan langsung kami terapkan one way arah bawah. Jadi langsung untuk one way ke atas langsung kita tutup, kemudian kita berlakukan satu arah ke bawah,” pungkasnya.

Loading