Jadwal Lengkap Seleksi CPNS dan PPPK Dibuka 3 Kali Setahun, Catat Tanggalnya

Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024 akan segera dibuka. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, seleksi di tahun 2024 ini akan dibuka sebanyak 3 kali.

Plt Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Haryomo Dwi Putranto memaparkan rencana penyelenggaraan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN), termasuk CPNS dan PPPK 2024. Ia menyebut, rencananya seleksi periode pertama dilaksanakan pada pekan ketiga Maret 2024.

“Periode pertama akan dilaksanakan pengumuman dan seleksi administrasi seleksi CPNS dan Sekdin (Sekolah Kedinasan) yang akan dimulai pada minggu ketiga bulan Maret 2024,” kata Haryomo, dalam Rapat Kerja (Raker) bersama MenPAN-RB dan Komisi II DPR RI di Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Rabu (17/1/2024).

Selanjutnya untuk Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS dan Seleksi Kedinasan akan dimulai pada minggu keempat Mei. Setelah SKD akan dilanjutkan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada pekan pertama sampai keempat Juli sehingga pengumuman periode pertama akan dilaksanakan pada pekan ketiga Agustus 2024.

Baca Juga:   Lowongan CPNS Dibuka April 2024, Cek Formasi dan Syaratnya

Kemudian, Haryomo mengungkapkan, untuk seleksi periode kedua rencananya dibuka untuk seleksi CPNS dan PPPK pada pekan kedua Juli. SKD bagi CPNS dan Seleksi Kompetensi Teknis (SKT) bagi PPPK akan dimulai pada pekan pertama Agustus sampai pekan pertama September.

“Setelah itu akan dilakukan seleksi kompetensi bidang bagi peserta seleksi CPNS periode kedua di minggu kedua September sampai minggu ketiga Oktober, sehingga pengolahan dan pengumuman seleksi periode kedua ini dilaksanakan minggu kedua bulan November,” paparnya.

Terakhir, seleksi periode ketiga. Haryomo mengatakan, rencananya seleksi CPNS dan PPPK dibuka pada pekan keempat Agustus. Rinciannya, SKD untuk CPNS dan SKT untuk PPPK akan dimulai di pekan keempat Oktober sampai dengan pekan ketiga November.

Baca Juga:   Sirene Tsunami Berbunyi: Warga Pangandaran Berlarian Selamatkan Diri

“Setelah SKD akan dilakukan seleksi kompetensi bidang bagi peserta CPNS periode ketiga di minggu keempat November sampai dengan minggu ketiga Desember, sehingga pengolahan dan pengumuman seleksi periode ketiga dilakukan pada minggu ketiga bulan Januari (2025),” jelasnya.

Haryomo mengatakan, pembukaan seleksi sebanyak 3 kali ini dilakukan seiring dengan kewajiban penataan 2,3 juta tenaga non ASN alias honorer hingga batas waktu Desember 2024. Dari jumlah tersebut, saat ink diproyeksikan masih ada sisa sebanyak 1,7 juta tenaga honorer yang harus ditata.

Sebagai tambahan informasi, berdasarkan catatan detikcom, CASN 2024 akan memiliki jumlah total 2,3 juta formasi. CASN 2024 akan dibagi untuk lowongan fresh graduate 690.822 formasi dan sisanya lowongan PPPK 1.605.694 formasi.

Baca Juga:   Polisi Gelar Operasi Zebra Jaya tahun 2023, 15 Kesalahan Ini Yang Harus di Hindari

Adapun rinciannya antara lain, instansi pusat mendapat formasi kebutuhan 429.183 yang terdiri atas 207.247 calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan 221.936 bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Formasi tersebut merupakan gabungan untuk guru, dosen, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis.

Formasi instansi daerah 1.867.333 yang terdiri atas 483.575 CPNS dan 1.383.758 PPPK. Formasi PPPK di instansi daerah dialokasikan untuk guru 419.146, tenaga kesehatan 417.196, serta 547.416 formasi untuk tenaga teknis. Sedangkan alokasi untuk sekolah kedinasan, pemerintah membuka 6.027 formasi pada 2024. Formasi instansi daerah lebih besar dari instansi pusat karena komposisi ASN memang lebih banyak di daerah.

Loading