Ini Sebabnya Harga Kopi Cold Brew Lebih Mahal dari Es Kopi

Cold brew, racikan kopi yang belakangan ini populer. Kopi yang diseduh dengan air dingin ini juga memiliki harga jual yang lebih mahal dari es kopi biasa.

Racikan kopi populer banyak jenisnya, salah satu yang sedang populer adalah cold brew. Seperti namanya, racikan kopi ini dibuat dari seduhan kopi yang menggunakan air dingin atau suhu ruang.

Cold brew belakangan populer ditawarkan oleh coffee shop. Dibandingkan dengan es kopi biasa, popularitas cold brew baru menanjak.

Dilansir dari Delish (16/5), kopi cold brew yang ditawarkan di coffee shop atau kafe ini diketahui memiliki harga yang lebih mahal. Mengapa harga kopi cold brew lebih mahal dibandingkan es kopi?

Baca Juga:   Viral WNI Naik Taksi Otomatis di Amerika Serikat, Mobil Tanpa Sopir Membuat Takjub

Menurut firma riset pasar Statista, minat beli kopi cold brew meningkat 3 kali lipat selama 5 tahun terakhir dan diproyeksikan menjadi industri hampir miliaran dolar pada 2025. Kopi cold brew ini bisa ditemukan di coffee shop skala kecil hingga besar, seperti Starbucks.

Es kopi terbuat dari kopi bubuk yang diseduh dengan air panas, kemudian ditambahkan es batu. Sedangkan, cold brew benar-benar diseduh dengan air dingin atau suhu ruang yang tak memerlukan tambahan es batu. Kemudian dibiarkan beberapa jam sebelum dinikmati.

Baca Juga:   Viral Pria Serahkan ATM dan Gaji 6 Tahun ke Pacar, Namun Ditinggal Nikah

Meskipun tren kopi cold brew lebih baru, ternyata tekniknya sudah ada sejak berabad-abad lalu. Salah satu catatan kopi cold brew tertua dapat ditelusuri di Jepang pada tahun 1600-an.

Berbeda dengan metode penyeduhan kopi standar yang mengekstrak rasa biji kopi dengan air panas, cold brew dibuat secara eksklusif dengan air dingin. Proses ini memakan waktu lebih lama daripada membuat kopi panas.

Sebaliknya, kopi cold brew disimpan di kulkas selama 12-24 jam. Kopi cold brew juga tak memiliki ampas, menghasilkan kopi yang siap diminum.

Selain teknik yang berbeda, kopi cold brew juga memiliki cita rasa berbeda. Penggunaan air dingin menghasilkan rasa biji kopi yang manis dan ringan alami. Sebaliknya, menyeduh kopi dengan air panas akan menimbulkan rasa pahit dan asam.

Baca Juga:   Mengapa Orang yang Terkena Rabies Takut Air?

Hal lain yang membuat kopi cold brew berbeda adalah kadar kafeinnya. Kopi cold brew membutuhkan bubuk kopi hampir dua kali lebih banyak daripada kopi biasa, jadi setiap tegukan memberikan sensasi rasa yang lebih kuat.

Dikarenakan beberapa faktor tersebut, harga kopi cold brew menjadi mahal. Kisaran harga kopi cold brew di Indonesia sekitar Rp 44.000 – Rp 50.000.

Loading