Ini Rute Baru DAMRI: Petualangan ke Gunung Bromo dan Pantai Balekambang Lebih Mudah

Wisatawan yang ingin liburan ke Gunung Bromo dan Pantai Balekambang di Malang, Jawa Timur, bisa naik bus DAMRI sebagai salah satu opsi. Namun, saat ini ada sejumlah perubahan yang harus diperhatikan.

Koordinator Pemasaran Perum DAMRI Malang, Wawan Krisdianto mengatakan, pihaknya sudah tidak melayani pengangkutan penumpang dari Terminal Batu, Kota Batu, sejak awal 2023. Hal itu karena kurangnya animo wisatawan yang berangkat dari Terminal Batu.

“Sehingga kami tidak lagi mengangkut penumpang dari Kota Batu, mulai tahun ini (2023),” kata Wawan Krisdianto pada Kamis (8/6/2023). Kemudian, Perum DAMRI Malang tidak lagi melayani pengangkutan penumpang di Terminal Arjosari untuk rute Malang-Pantai Balekambang.

Dengan demikian, penumpang yang memilih rute tersebut hanya bisa naik bus dari Pool DAMRI Malang di Jalan Letjend S Parman, Kota Malang. “Karena sempat bersinggungan (persoalan) dengan angkot, jadi Terminal Arjosari hanya menjadi checkpoint, sebenarnya kita punya trayek,” katanya.

Baca Juga:   Tradisi 'Marosok' Cara Unik Orang Minangkabau Transaksi Tawar Menawar Harga Sapi

Jadwal DAMRI ke Gunung Bromo dan Pantai Balekambang

Sebagai informasi, Perum DAMRI telah mengoperasikan layanan transportasi wisata di Malang, Jawa Timur, sejak 2019 lalu. Layanan itu untuk mendukung program Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Jadwal DAMRI Malang-Pantai Balekambang pergi-pulang (PP)

Jadwal keberangkatan bus dengan rute Pool DAMRI Malang-Pantai Balekambang via Turen adalah pukul 07.00 WIB sedangkan via Bantur berangkat pukul 15.00 WIB.

Kemudian, untuk arah sebaliknya atau rute Pantai Balekambang-Malang berangkat pukul 14.30 WIB.

Setiap penumpang dikenakan tarif Rp 30.000. Bus yang digunakan berkapasitas 27-29 orang.

Jadwal DAMRI Gunung Bromo PP

Perjalanan dengan tujuan Gunung Bromo terdapat rute Stasiun Malang-Tosari yang berangkat pukul 08.00 WIB dan 15.30 WIB.

Sementara itu, arah sebaliknya atau rute Tosari-Stasiun Malang berangkat pukul 07.00 WIB dan 13.00 WIB.

Tarif yang dikenakan ke setiap penumpang yakni Rp 40.000. Kendaraan yang digunakan yakni bus sedang berkapasitas 14 orang.

Rute yang ada memang tidak sampai mengantarkan wisatawan ke dekat Gunung Bromo Oleh sebab itu, sesampainya di Tosari biasanya wisatawan akan menyewa jip untuk melanjutkan perjalanan hingga sampai tujuan.

Terdapat tips untuk mendapat harga miring saat menyewa jip, yang biasanya dikenakan Rp 800.000 untuk kapasitas enam orang.

Biasanya, petugas Perum DAMRI seringkali dimintai tolong oleh wisatawan untuk mencarikan penyedia jasa sewa jip. Harga sewanya bisa turun sekitar Rp 650.000.

Baca Juga:   Viral Mobil Dinas Pemprov DKI Jakarta Berasap Tebal, Sopir Kena Sanksi

“Memang seringkali kami dimintai wisatawan untuk mencarikan jip kami bantu,” katanya.

Kemudian, Wisatawan dapat membeli tiket layanan KSPN Malang melalui aplikasi DAMRI Apps serta sejumlah platform digital, antara lain Traveloka dan RedBus.

“Bayar langsung di Pool DAMRI Malang tetap bisa dilayani, tapi khawatirnya enggak dapat tempat duduk karena orang-orang rata-rata pesan online (daring),” katanya.

Animo wisatawan yang menggunakan bus DAMRI dinilai cukup tinggi. Pihaknya seringkali menemui calon penumpang yang kehabisan tiket ketika akhir pekan.

“Penumpang kalau hari-hari biasa sekitar 15 orang, weekend (akhir pekan) itu penuh. Memang kebanyakan penumpang itu rombongan, wisatawan dari luar daerah,” katanya.

Loading