Ini Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

Minum air putih di pagi hari disebut sebagai bagian dari kebiasaan yang sehat. Anggapan ini bukan tanpa alasan. Ada sederet manfaat minum air putih setelah bangun tidur.

Kenapa harus minum?

Tubuh terdiri dari 60 persen air. Air termasuk nutrisi penting yang berarti tubuh tidak bisa berfungsi dengan normal jika jumlah air tidak mencukupi.

Melansir dari Healthline, semua jaringan dan organ bergantung pada air untuk menjalankan berbagai fungsi seperti, distribusi nutrisi, mengatur suhu tubuh, lubrikasi badan dan menjaga kondisi organ dan jaringan tetap utuh.

Manfaat minum air putih setelah bangun tidur

Apa aktivitas pertama yang dilakukan saat bangun tidur? Mayoritas bisa dipastikan mengecek notifikasi ponsel. Padahal ada yang jauh lebih penting dari itu yakni minum air putih.

Baca Juga:   Perbedaan Gejala Flu Biasa vs Flu Singapura

Berikut manfaat minum air putih di pagi hari.

1. Hidrasi setelah semalaman tidak ada asupan cairan

Tubuh secara alami berada dalam kondisi dehidrasi di pagi hari. Oleh karenanya minum air putih di pagi hari membantu mengembalikan cairan tubuh.

“Minum air ketika Anda bangun akan mengisi kembali cairan yang hilang, termasuk cairan yang mungkin hilang di malam hari,” jelas William W. Li, praktisi kesehatan dan penulis, mengutip dari Real Simple.

2. Menaikkan energi

Minum air putih di pagi hari membantu membangkitkan energi. Dehidrasi membuat Anda lelah dan pusing. Dengan mengisi tubuh dengan segelas air, akan mendorong proses hidrasi dan organ mendapat cairan yang dibutuhkan secepatnya.

3. Membangkitkan performa mental

Baca Juga:   Banyak Yang Mengatakan Jam 10 Disebut Waktu Terbaik untuk Berjemur, Ini Faktanya

Dehidrasi berkaitan dengan penurunan kinerja mental misal, kesulitan mempelajari hal baru atau menghafal. Riset menunjukkan dehidrasi ringan sebesar 1-2 persen berat badan bisa berdampak negatif terhadap kewaspadaan, konsentrasi, memori jangka pendek, dan kinerja fisik.

Oleh karenanya, penting untuk minum air putih setelah bangun tidur.

4. Mencegah sakit kepala

Salah satu alasan orang sakit kepala dan migrain adalah kekurangan cairan. Minum air putih secara berkala terutama saat perut kosong bisa mengurangi sakit kepala secara alami.

5. Stimulasi metabolisme

Minum air putih kapan pun termasuk di pagi hari dapat meningkatkan metabolisme. Li menjelaskan air memicu tubuh untuk mengaktifkan mekanisme yang disebut termogenesis.

“Ini berarti tubuh Anda menghangatkan air dengan mengaktifkan metabolisme sebanyak 30 persen selama sekitar 1 jam,” katanya.

Baca Juga:   10 Tips Ampuh Mengatasi Sesak Napas: Solusi Praktis yang Dapat Dilakukan di Rumah

6. Mempermudah pencernaan

Cairan membantu kesehatan pencernaan. Casey Kelley, pendiri Case Integrative Health, air akan meringankan sembelit yang merupakan efek samping dehidrasi.

“Air hangat khususnya berpotensi memecah makanan yang Anda makan lebih cepat dibandingkan air dingin,” jelasnya.

7. Mengurangi rasa lapar

Rasa lapar saat bangun tidur kadang tidak langsung disambut dengan menu sarapan. Air putih akan membantu mengganjal perut hingga Anda menemukan asupan.

Air putih pun mencegah Anda makan berlebihan yang bisa mengarah pada kenaikan berat badan.

“Sangat umum kalau salah mengira sensasi haus dengan sensasi lapar, jadi tetap terhidrasi bisa mengurangi keinginan untuk ngemil atau makan berlebihan saat Anda tidak benar-benar lapar,” jelas Kelley.

Loading