Ini Dia Fakta-Fakta Unik Tentang Sultan Brunei: Tajir Melintir dan Hobi Mengoleksi Mobil yang Membuat Kagum

Brunei adalah salah satu negara terkaya di ASEAN. Tak salah, Sultan Bolkiah memiliki kekayaan luar biasa dan deretan mobil mewah sampai ribuan, bahkan harganya melebihi nilai klub Manchester United.

Nama Sultan Hassanal Bolkiah kembali disorot oleh publik ASEAN, khususnya Indonesia. Hal tersebut karena pada helatan KTT ASEAN ke 42 yang digelar di Labuan Bajo, dirinya beserta rombongan delegasi Brunei Darussalam memilih untuk menginap di Bali.

Faktor kenyamanan dinilai sebagai salah satu pertimbangan dari para delegasi Brunei ini untuk memilih Bali sebagai destinasi. Hal tersebut tak salah, mengingat Sultan Hassanal Bolkiah terkenal memiliki standar dan selera tinggi dalam berbagai hal.

Walau tinggal di negara kecil di ASEAN, tapi Brunei Darussalam sendiri merupakan salah satu negara terkaya di ASEAN. Hal itu juga turut berpengaruh terhadap Sultan Bolkiah yang sering dianggap sebagai seorang pemimpin yang memiliki gaya hidup glamour.

Lalu apa saja sederet fakta terkait ‘The Real Sultan’ satu ini? Simak beberapa fakta unik terkait pemimpin Brunei Darussalam tersebut:

1. Beneran Sultan, karena kekayaannya luar biasa

Pada 2008 Forbes menobatkan Sultan Hassanal Bolkiah menjadi salah satu anggota kerajaan terkaya di dunia. Kekayaannya mencapai USD 20 miliar.

Baca Juga:   Keren! Pakai Kain Kasur Kapuk Sebagai Outif Rebahan Pria di Magelang Viral

Kekayaan Sultan Hassanal Bolkiah berasal dari berbagai sumber. Namun paling banyak didapat dari industri pertambangan, seperti minyak dan gas alam.

Diketahui kekayaannya mencapai USD 80 Miliar atau setara Rp 411 triliun.

Tinggal di salah satu istana terbesar dan termegah di dunia, adalah Istana Nurul Iman Palace yang punya lebih dari 1778 kamar. Bahkan istana ini disebut lebih besar dari istana Vatikan dan dinobatkan jadi terbesar di dunia.

Menurut beberapa sumber, biaya pembangunan istana ini mencapai USD 350 juta.

2. Koleksi mobil mewah, melebihi harga MU

Tak hanya hunian yang mewah, ia juga memiliki banyak koleksi mobil mewah. Bukan puluhan atau ratusan, melainkan ribuan.

Melansir detikOto, Selasa (25/1/2022), bahkan koleksi mobil mewah Sultan Brunei ini lebih mahal dibanding klub bola Manchester United. Nilai koleksi mobilnya ditaksir mencapai 4 miliar poundsterling. Sementara klub bola terkenal Manchester United hanya bernilai sekitar 3,08 miliar poundsterling.

Dijelaskan dalam garasinya ada 600 Rolls-Royce, lebih dari 57 Mercedes-Benz, lebih dari 450 Ferrari dan lebih dari 380 Bentley.

Baca Juga:   Keren Pria Ini Buat Sepatu Dari Kulit Ceker Ayam

Dari ribuan mobil mewah yang ia punya, salah satu yang menarik adalah dirinya punya 11 buah Ferrari F40. Sembilan buah ada di Brunei dan dua lainnya ditinggal di Eropa. F40 sendiri merupakan mobil yang hanya ada 1.315 unit dan harga termahal yang terjual pada 2015 senilai 1,24 juta USD atau sekitar Rp 17,2 miliar

3. Datangkan tukang cukur dari London

Rambut dari Sultan Hassanal Bolkiah menjadi salah satu rambut termahal. Hal tersebut karena dirinya menghabiskan uang ratusan juta untuk sekali pangkas rambut. Dia menghabiskan uang senilai 19 ribu poundsterling atau setara Rp 355,6 juta untuk sekali pangkas rambut.

Bahkan, Sultan Hassanal Bolkiah tak sembarangan soal siapa yang akan memangkas rambutnya. Ia mendatangkan barber atau tukang cukur dari London ke tanah Brunei hanya untuknya.

Menurut laporan The Times, kapster favorit Sultan Hassanal Bolkiah adalah Ken Modestou. Modestou sendiri merupakan kapster rambut di Hotel Dorchester di Mayfair, London Tengah.

Hadirnya Modestou ketika akan bertugas untuk memangkas rambut Sultan biasanya dilakukan dengan penerbangan pesawat khusus Singapore Airlines yang terbang sejauh 11.265 kilometer ke Brunei. Bahkan disebut Sultan Hassanal Bolkiah juga memesankan kabin khusus untuk kapster tersebut yang mengisolasi dirinya dari kemungkinan flu babi di antara penumpang.

Baca Juga:   Warga Panik dan Panggil Kiai Setelah Masak Nasi 7 Jam untuk Hajatan Tapi Tak Kunjung Matang

4. Pemimpin monarki terlama

Setelah berpulangnya Ratu Elizabeth II, Sultan Hassanal Bolkiah menjadi seorang pemimpin monarki terlama yang masih menjabat hingga saat ini.

Terhitung ia telah memimpin Brunei selama 56 tahun, tepatnya sejak 1967. Walau begitu, rekornya belum menyamai mendiang Ratu Elizabeth II yang memerintah selama lebih dari 70 tahun.

5. Nama dan gelar yang panjang

Sultan Hassanal Bolkiah telah mendapatkan jabatan sebagai sultan pada usia 21 tahun. Selain itu, ia memiliki nama dan gelar yang panjang sekali.

Nama lengkap Sultan ini adalah: Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mu’izzaddin Waddaulah ibn Al-Marhum Sultan Haji Omar Ali Saifuddien Sa’adul Khairi Waddien.

Tak hanya itu, ternyata ada lagi gelar yang harus disematkan di depannya, yaitu: Ke Bawah Duli Yang Maha Mulia Paduka Sri Baginda Sultan dan Yang dipertuan Negara Brunei Darussalam.

Pastinya banyak orang yang kesulitan melafalkan atau bahkan mengingat nama sekaligus gelar Sultan Hassanal Bolkiah ini.

Loading