Ini Alasannya, Kenapa Orang Jepang Jarang Mandi di Pagi Hari

Sejak kecil, sebelum memulai hari dengan rutinitas yang padat seperti bersekolah, pasti kita selalu diingatkan untuk mandi oleh orangtua kita ya, Beauties. Meski kesiangan atau telat sekalipun, mandi segayung-dua gayung adalah hal wajib, bukan?

Kebiasaan mandi setiap pagi sebelum beraktivitas pun rasanya sudah mendarah daging dalam kehidupan. Pokoknya mandi adalah hal utama sebelum berangkat kemana pun ya.

Nah ternyata, kebiasaan kita sejak kecil ini sangat berbeda dengan kebiasaan orang Jepang lho!

Orang Jepang Jarang Mandi di Pagi Hari

Orang Jepang ternyata memiliki kebiasaan unik, yakni mereka jarang mandi di pagi hari. Rutinitas mandi mereka biasa dilakukan di malam hari.

Meski demikian, hal ini tidak dilakukan oleh seluruh orang Jepang. Dari mereka, masih ada juga kok yang tetap melakukan mandi pagi.

Baca Juga:   Daifuku: Mengungkap Keunikan Mochi Khas Jepang dengan Rasa yang Memikat

Terkait hal ini, ada beberapa alasan yang membuat orang Jepang lebih pilih mandi di malam hari, daripada di pagi hari sebelum beraktivitas. Adapun beberapa alasannya adalah sebagai berikut:

1. Mandi Malam Membersihkan Seluruh Kotoran Setelah Seharian Beraktivitas

Jepang dan sebagian besar negara Asia lainnya sangatlah lembap, terutama di musim panas. Keringat dan kotoran setelah seharian beraktivitas ini akan dibersihkan di malam hari sebelum mereka tidur.

Karena ini, mereka lebih memilih rutinitas mandi malam untuk sekalian membersihkan kotoran di tubuhnya.

2. Berkaitan dengan Etos Kerja dan Kebiasaan Serba Cepat Orang Jepang

Melansir JLPT Tutor, rutinitas mandi pun berkaitan dengan etos kerja dan kebiasaan serba cepat orang Jepang.

Baca Juga:   Viral Wanita di Pekalongan Ini Jual Papeda Pakai Kostum Kuntilanak

Mandi untuk orang Jepang bukan sekadar mandi saja, mereka telah menjadikannya sebagai ritual, sehingga membutuhkan waktu yang panjang. Tentu hal ini tak sejalan jika dilakukan di pagi hari.

Banyak orang Jepang yang harus pergi bekerja lebih awal, melewati perjalanan panjang di kereta atau jalan raya yang padat, ditambah harus bangun pagi, sarapan serba cepat, untuk selanjutnya pergi ke kantor.

Karena ini mandi atau berendam di pagi hari tidak sempat mereka lakukan dan mereka tak punya waktu juga untuk berleha-leha di pagi hari.

3. Mandi Malam Membuat Orang Jepang Rileks

Seperti yang disampaikan pada poin kedua, rutinitas mandi untuk orang Jepang bukan sekadar mandi saja, tapi seperti ritual, mereka membutuhkan waktu yang panjang.

Baca Juga:   Viral Mobil Pasang AC Rumah Sebagai Pendingin di Banjarmasin

Di malam hari, sepulang beraktivitas ini akan dimanfaatkan dengan baik oleh mereka untuk berendam, membersihkan diri, dan membuatnya tubuhnya rileks sebelum waktu tidur dan besok kembali beraktivitas. Selain membuat rileks, mandi malam juga bisa mempersingkat waktu mereka untuk bersiap-siap di pagi hari.

Karena masih bersih dari ritual mandi malam hari, jadi di pagi hari tak perlu mandi lagi.

4. Suhu Udara yang Begitu Dingin Saat Musim Dingin

Alasan lain yang membuat orang Jepang ogah mandi pagi juga berkaitan dengan musim dan suhu udara.

Saat musim dingin misalnya, cuaca di pagi hari sangatlah dingin yang membuat kesulitan mandi karena bisa bikin tubuh menggigil. Banyak dari mereka yang akhirnya melewatkan rutinitas mandi pagi.

Loading