Ini Alasan Kenapa Yamaha Tak Bikin Mobil

Yamaha terkenal dengan produk-produk roda dua andalannya, seperti Nmax atau Aerox. Sejauh ini Yamaha hanya memiliki produk sepeda motor dan mesin perahu atau kapal laut. Kenapa Yamaha tidak memiliki produk roda empat atau mobil?

Kalau diperhatikan, merek-merek roda dua di Tanah Air juga memiliki merek roda empat. Contohnya seperti Suzuki dan Honda. Sementara pabrikan seperti Kawasaki atau Yamaha hanya memiliki brand sepeda motor.

President Director & CEO Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Dyonisius Beti menjelaskan alasan kenapa Yamaha tak ikut terjun ke industri roda empat. Menurut Dyon, Yamaha memiliki kemampuan memproduksi mesin mobil. Namun untuk saat ini, prinsipal Yamaha di Iwata, Jepang, memang hanya fokus untuk memproduksi kendaraan roda dua. Terlebih Yamaha sudah berkolaborasi dengan merek mobil Toyota.

Baca Juga:   Indonesia Kedatangan Mobil Canggih Terbaru: Menguak Inovasi Teknologi Terkini di Industri Otomotif

“Yamaha motor di Jepang telah bekerja sama untuk memproduksi beberapa engine besar untuk Lexus. Dan kolaborasi kita dengan Toyota. Kita sendiri memang, Toyota ada investasi di Yamaha. Jadi kita belum merencanakan saat ini untuk produksi mobil,” kata Dyon di YIMM West Java, Karawang (5/10/2023).

Yamaha memang pernah memasok mesin buat Toyota, tepatnya pada 1966. Ketika itu Yamaha bekerja sama dengan Toyota untuk meracik mesin mobil sedan Toyota
2000GT. Pada tahun 1989, Yamaha Motor juga mulai berpartisipasi dalam Formula 1.

Tak hanya itu, Yamaha kemudian juga mengembangkan mesin supercar Lexus LFA. Yamaha Motor juga mengembangkan dan memproduksi sistem suspensi dan produk lainnya dengan menggunakan teknologi terkait.

Sebagai informasi, Toyota membeli 5 persen saham Yamaha Motor, sementara Yamaha Corp dan Yamaha Motor juga memiliki saham di Toyota.

Loading