Ini 8 Sekolah Kedinasan yang Lulus Langsung Menjadi ASN

Untuk menjadi jadi seorang Aparatur Sipil Negara ( ASN ) tidak hanya bisa dicapai melalui penerimaan CASN jalur umum saja. Akan tetapi bisa juga melalui jalur pendidikan sekolah kedinasan yang penerimaannya dilakukan oleh kementerian dan lembaga negara.

Pendidikan yang diselenggarakan oleh kementerian dan lembaga negara tersebut tentu tidak membebankan biaya kepada peserta didiknya. Malahan ada sekolah kedinasan yang memberikan uang saku selama masa pendidikan.

Selain itu lulusan dari pendidikan kedinasan ini akan langsung menjadi seorang ASN atau yang biasa disebut dengan PNS. Maka tak heran jika sekolah ini banyak diminati oleh calon peserta didik lulusan SMA dan sederajat.

Berikut ini delapan sekolah kedinasan yang lulusannya bisa langsung menjadi ASN.

1. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

STIN merupakan salah satu kampus kedinasan yang akan meluluskan peserta didiknya langsung menjadi seorang ASN. Setelah lulus, peserta didik akan diposisikan menjadi agen intelijen untuk mengawasi keamanan negara. Untuk mendapatkan informasi terbaru tentang kampus calon intelijen ini, para peserta didik bisa mengakses situs resminya pada laman http://stin.ac.id.

Baca Juga:   Kuliah Kelas Karyawan Murah Bermutu Di Semarang

2. Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG)

STMKG merupakan kampus kedinasan yang mempelajari cuaca dan iklim. Kampus kedinasan ini akan menghasilkan para peserta didik yang langsung menjadi seorang ASN. Kampus kedinasan ini biasanya memberikan informasi resmi tentang kegiatan akademiknya melalui situs resminya di laman http://ptb.stmkg.ac.id.

3. Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)

Perguruan tinggi kedinasan (PTK) yang satu ini masih di bawah naungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Poltek SSN memiliki jenjang studi untuk program Diploma IV yang akan meluluskan peserta didik menjadi seorang ASN.

Selain itu, buat peserta didik yang lolos di PTK ini kalian bakalan terbebas dari biaya pendidikan dan mendapatkan asrama selama masa studinya. Untuk informasi terkait, langsung saja mengunjungi https://poltekssn.ac.id/.

Baca Juga:   Risa Santoso, Perempuan 27 Tahun yang Jadi Rektor Termuda di Indonesia

4. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)

STIS adalah kampus yang terkait tentang statistika dan matematika yang menghasilkan peserta didik bisa langsung menjadi seorang ASN. Program studi di kampus ini hanya ada dua, yaitu statistik dan komputasi statistik, Untuk mengetahui STIS lebih lanjut bisa ke laman http://stis.ac.id.

5. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

IPDN merupakan kampus kedinasan yang akan menghasilkan peserta didik langsung menjadi seorang ASN. Kampus ini menjadi salah satu kampus favorit bagi calon peserta yang berasal dari SMA.

Beberapa program studi yang ada di prodi ini adalah Kebijakan Pemerintahan, Politik Pemerintahan, Manajemen Sumber Daya Manusia dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk lebih lengkapnya bisa langsung kunjungi laman http://spcp.ipdn.ac.id.

6. Sekolah Kedinasan di bawah Kementerian Perhubungan

Sekolah Kedinasan di bawah Kementerian Perhubungan merupakan kampus kedinasan yang memiliki program pendidikan terbanyak di antara yang lainnya dan sudah tersebar di beberapa kota besar yang ada di Indonesia. Sama seperti dengan kampus pendidikan di atas bahwa lulusannya akan menjadi seorang ASN.

Baca Juga:   Universitas Swasta Terbaik Di Bandung

7. Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN)

PKN STAN merupakan kampus kedinasan yang juga melahirkan calon ASN yang dapat bekerja di bawah Kementerian Keuangan indonesia.

Kampus ini menyediakan berbagai macam jenjang dari Diploma I hingga Diploma IV. Sementara itu, untuk program studinya menyediakan jurusan Akuntansi, Perpajakan, Kepabeanan dan Cukai, serta Manajemen Keuangan.

Untuk lebih lengkapnya bisa kunjungi laman resminya di http://pknstan.ac.id.

8. Sekolah Kedinasan di bawah Kementerian Hukum dan HAM

Kampus kedinasan Kementerian Hukum dan HAM juga menyediakan program pendidikan yang lulusannya akan menjadi ASN. Sekolah kedinasan ini menyediakan dua program pendidikan yakni Politeknik Ilmu Pemasyarakatan dan Politeknik Imigrasi untuk lebih lengkapnya kunjungi laman https://catar.kemenkumham.go.id/.

 414 total views,  2 views today