Ini 12 Jurusan Kuliah Tanpa Matematika atau Hitung-hitungan

Bagi siswa yang lemah di matematika atau hitung-hitungan, tentu akan memilih jurusan kuliah tanpa matematika saat akan melanjutkan pendidikan.

Ada sejumlah jurusan tanpa matematika namun menjanjikan yang bisa dipilih calon mahasiswa di jalur mandiri 2023. Jurusan kuliah tanpa Matematika ini termasuk jurusan kuliah favorit di rumpun Sosial Humaniora (Soshum).

Berikut 12 jurusan kuliah tanpa matematika yang bisa dijadikan referensi para calon mahasiswa dalam memilih jurusan kuliah di jalur Mandiri 2023.

Jurusan kuliah tanpa matematika

1. Ilmu Komunikasi

Salah satu jurusan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) ini menjadi salah satu jurusan paling diminati di rumpun ilmu Sosial Humaniora (Soshum).

Jika memilih jurusan ini, mahasiswa akan belajar tentang menulis berita, public speaking dan masih banyak lainnya.

2. Hubungan Internasional

Jika kamu pintar berbahasa asing dan tertarik mempelajari hubungan diplomasi antarnegara, Hubungan Internasional bisa kamu pilih saat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Dalam jurusan Hubungan Internasional lebih banyak belajar bidang diplomasi dan politik internasional.

3. Ilmu Politik

Masih berada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Jurusan Ilmu Politik juga masuk dalam jurusan kuliah tanpa matematika yang bisa dipilih calon mahasiswa.

Jurusan ini cocok bagi kamu yang lemah dalam berhitung. Lulusan Jurusan Ilmu Politik punya peluang kerja menjadi seorang politisi, anggota legislatif hingga di sebuah partai politik.

4. Sosiologi

Jurusan kuliah berikutnya yang tidak ada materi matematika atau hitung-hitungan adalah Sosiologi. Mahasiswa Sosiologi belajar tentang struktur sosial masyarakat dan interaksi antar individu di dalamnya.

5. Desain / Animasi

Jurusan ini cocok dipilih bagi siswa yang menghindari matematika namun suka dengan menggambar atau desain.

Jika kamu ingin belajar grafis yang lebih luas, termasuk animasi di dalamnya, jurusan kuliah Desain Komunikasi Visual bisa menjadi pilihan. Sementara Jurusan Animasi lebih terfokus pada film atau game 3D.

6. Kriminologi

Jurusan Kriminologi termasuk jurusan kuliah tanpa matematika. Selain itu jurusan Kriminologi juga termasuk jurusan yang sepi peminat.

Baca Juga:   Kelas Karyawan S1 Psikologi di Jakarta Bekasi Tangerang

Mahasiswa yang memilih jurusan Kriminologi berpeluang berprofesi bekerja di berbagai jenis perusahaan dan industri keamanan, lembaga-lembaga peradilan seperti Kepolisian, Kejaksaan, pengadilan, Balai Pemasyarakatan, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Badan Nasional Antinarkotika, Badan Nasional Pencegahan Teror.

7. Ilmu Sejarah

Calon mahasiswa yang tidak suka matematika juga bisa memilih Jurusan Ilmu Sejarah.

Jurusan Ilmu Sejarah tersedia di sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) dan bisa dijadikan referensi saat mendaftar di jalur mandiri 2023.

8. Jurusan di bidang seni

Jurusan yang tidak ada matematika selanjutnya adalah jurusan kuliah di bidang kesenian.

Jurusan Sendratasik atau Seni Drama, Tari, Musik bahkan jurusan seni lukis tidak mempelajari matematika.

9. Ilmu Filsafat

Satu lagi jurusan kuliah yang tidak ada Mmatematika adalah Ilmu Filsafat. Siswa yang dapat berpikir logis dan kritis, suka membaca, gemar berdiskusi, dan rajin menulis cocok memilih Jurusan Ilmu Filsafat.

10. Ilmu Hukum

Baca Juga:   Universitas Esa Unggul Buka Pendaftaran Kelas Karyawan untuk Semester Genap Tahun 2023/2024, Catat Tanggalnya!

Jurusan Ilmu Hukum juga termasuk salah satu jurusan yang tidak ada materi hitung-hitungan atau matematika.

Saat memilih jurusan ini, kamu akan membutuhkan pendalaman konsep dan teori yang tak tanggung-tanggung. Mahasiswa Ilmu Hukum akan belajar tentang teori dan praktik hukum.

11. Administrasi Pendidikan

Satu lagi jurusan kuliah tanpa matematika yang bisa jadi pilihan yakni Jurusan Administrasi Pendidikan. Lulusan Jurusan Administrasi Pendidikan bisa bekerja menjadi tenaga profesional di lembaga pendidikan.

Ilmu yang diperoleh lulusan Administrasi Pendidikan akan membantu lulusannya berpeluang mendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) baik di tingkat daerah atau provinsi.

12. Sastra dan pendidikan bahasa

Pada beberapa perguruan tinggi, Jurusan Sastra dan Bahasa ada yang menjadi satu kesatuan.

Pada Jurusan Sastra Bahasa akan belajar tentang tata bahasa, ejaan, gaya bahasa, penulisan, dan lain-lain. Sedangkan Jurusan Pendidikan Bahasa juga juga mempelajari tata bahasa, gaya bahasa, bahkan sedikit sastra. Selain itu juga belajar tentang teori dan seluk-beluk pengajaran.

Loading