Hasil Irak Vs Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia U-23 menelan kekalahan di perebutan juara tiga Piala Asia U-23 2024. Berhadapan dengan Timnas Irak U-23, Skuat Garuda tumbang dengan skor 2-1.

Di laga ini, Timnas Indonesia U-23 ungul terlebih dahulu berkat gol Ivar Jenner. Namun Irak mampu membalikkan kedudukan berkat gol Zaid Tahseen dan Ali Jasim.

Berkat hasil ini, Irak menjadi juara tiga Piala Asia U-23 2024 dan lolos ke Olimpiade 2024. Sementara Timnas Indonesia masih bisa bermain di Olimpiade 2024 namun harus melakoni babak playoff.

Babak Pertama

Pertandingan yang digelar di Abdullah bin Khalifa Stadium ini berjalan sengit sejak awal. Di lima menit pertama, Irak tampil sedikit lebih dominan ketimbang Indonesia.

Namun perlahan tapi pasti, Timnas Indonesia U-23 mampu mengimbangi permainan Irak. Bahkan Irak mulai keteteran dengan kecepatan pemain sayap Indonesia di laga ini.

Setelah melakukan sejumlah percobaan, skuat Garuda sukses membuka keunggulan di menit ke-19. Berawal dari kemelut hasil sepak pojok Indonesia, bola berhasil diamankan Ivar Jenner, dan sang gelandang melepaskan tembakan mendatar yang gagal diantisipasi oleh Rasetim. Indonesia unggul 1-0 atas Irak.

Baca Juga:   Heboh Foto Jisoo BLACKPINK dengan Erling Haaland Gegerkan Media Sosial

Gol itu membuat Indonesia semakin percaya diri. Serangan demi serangan dilancarkan ke gawang Indonesia.

Namun sayang keunggulan Indonesia itu hanya bertahan delapan menit saja. Di menit ke-27, Timnas Irak berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah sundulan Zaid Tahseen di depan mulut gawang Indonesia masuk dan menjadi gol.

Gol tersebut membuat jalannya pertandingan semakin seru. Pasalnya Irak kembali tampil mengancam gawang Indonesia. Jual beli serangan berlanjut, namun skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Di awal babak kedua, Irak langsung tancap gas. Serangan demi serangan dilancarkan ke arah gawang Indonesia.

Indonesia yang mengandalkan serangan balik di awal babak pertama ini baru mengancam melalui tendangan sudut sempit Marselino Ferdinan, namun bola masih melambung dari gawang Irak.

Irak bermain dengan lebih jeli. Mereak kerap membahayakan gawang Indonesia dengan serangan-serangan balik mereka yang cukup berbahaya.

Salah satunya terjadi di menit ke-73, Irak nyaris mencetak gol setelah Nihad Mohammed menerima umpan terobosan, lalu ia melihat Ernando yang terlalu maju sehingga ia mampu melewati sang kiper dan melepaskan tembakan mendatar dari sisi kiri ke gawang kosong Indonesia. Beruntung ada Nathan Tjoe-A-On berhasil menyapu bola tepat di mulut gawang Indonesia.

Baca Juga:   Jalan di Jepang Macet, Pengendara Motor Ngak Nyalip Ikut Antre

Di menit ke-82, Timnas Indonesia U-23 membuat peluang berbahaya. Melalui skema serangan balik, Rafael Struick masuk ke kotak penalti Irak dan memberikan umpan tarik ke Witan Sulaeman, namun Witan tidak mengontrol bola dengan sempurna sehingga bola berhasil ditangkap oleh kiper Irak.

Serangan balik Irak kembali membuat Indonesia ketar-ketir di menit ke-90. Tidak terkawal, Nihad Mohammed melepaskan tembakan mendatar yang kali ini berhasil digagalkan oleh Ernando.

Di penghujung masa injury time, Irak hampir membobol gawang Indonesia melalui tandukan Zaid Tahseen, beruntung bola masih melebar tipis di atas mistar gawang Indonesia. Skor 1-1 menutup waktu normal.

Babak Tambahan Waktu

Di awal babak tamabahan waktu pertama, Irak tampil menekan. Mereka membombardir pertahanan skuat Garuda yang terlihat mulai kelelahan.

Benar saja, di menit ke-96, gawang Indonesia kebobolan. Lolos dari jebakan offside, Ali Jasim berhasil membawa bola ke kotak penalti lalu melepaskan tembakan mendatar yang gagal diantisipasi oleh Ernando. Skor berubah jadi 2-1 untuk keunggulan Irak.

Baca Juga:   Lirik Lagu Carat Cake - NCT Dream

Di sisa babak tambahan waktu pertama, Indonesia mencoba menin gkatkan intensitas serangan. Namun skor 2-1 tetap bertahan untuk keunggulan Irak.

Di babak tambahan waktu kedua, Irak masih mendominasi jalannya pertandingan. Namun Indonesia dengan tenaga yang tersisa terus mencoba untuk melancarkan serangan balik.

Jual beli serangan berlanjut, namun skor 2-1 bertahan untuk kemenangan Irak.

Susunan Pemain

Timnas Irak U-23 (4-2-3-1): Hussein Hasan; Ahmad Maknazi, Josef Al Imam, Zaid Tahseen, Mustafa Saadoun; Muntadher Mohammed, Karrar Mohammed Ali; Bind Azad, Ali Jasim, Nihad Mohammed; Ridha Fadhil

Pelatih: Radhi Shenaishil Swadi

Timnas Indonesia U-23 (3-4-3): Ernando Ari; Nathan Tjoe-A-On, Justin Hubner, Muhammad Ferrari; Pratama Arhan, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Rio Fahmi; Witan Sulaeman, Rafael Struick, Jeam Kelly Sroyer

Pelatih: Shin Tae-yong

Statistik Pertandingan

Irak U-23 – Indonesia U-23
Goals: 2-1
Total Shots: 22-15
Shots on Target: 7-2
Posession: 48%-52%
Fouls: 11-14
Offsides: 2-2

Loading