Harga Mobil Listrik Xiaomi yang Sudah Bisa Dipesan Akhir Maret

Keran pemesanan mobil listrik Xiaomi SU7 akan dibuka Kamis, 28 Maret 2024. Namun, untuk sementara, kendaraan bergaya sedan itu hanya tersedia untuk pasar domestik. Lantas, berapa gerangan harganya?

Disitat dari Reuters, Kamis (14/3), Xiaomi SU7 akan tersedia di 59 dealer yang tersebar di 29 kota di China. Meski pengenalannya sudah digelar akhir tahun lalu, namun mobil listrik tersebut belum punya harga resmi.

Menurut sumber yang sama, pengumuman harga akan digelar bersamaan dengan pemesanan pertama kendaraan. Benarkah kendaraan baru itu akan dibanderol murah seperti rumor yang banyak beredar? Nyatanya tidak.

Lei Jun selaku Chief Executive Officer atau CEO Xiaomi sempat memberikan bocoran harga Xiaomi SU7 di China. Dia memastikan, kendaraan nonemisi pertamanya itu tak akan dilepas murah ke pasaran.

Baca Juga:   Segini Harga Mobil Chery Omoda 5

“Berhentilah menebak-nebak. Mobil ini tidak akan dihargai (di bawah) 140 ribu yuan (Rp 306 juta). Kami ingin kalian menunjukkan rasa hormat terhadap teknologi canggih yang terpasang di kendaraan,” kata Lei Jun ketika peluncuran produk pada Desember 2023.

Menurut sejumlah bocoran, Xiaomi SU7 versi terendah akan dibanderol 300 ribu yuan atau Rp 650 jutaan. Namun, sekali lagi, angka tersebut masih sekadar perkiraan.

Spesifikasi Xiaomi SU7

Xiaomi SU7 merupakan mobil yang telah dikembangkan sejak 2020. Kendaraan tersebut dirancang khusus Li Tianyuan yang pernah mendesain mobil-mobil BMW seperti BMW i Vision Circular concept, BMW iX dan the new 7 series. Li dibantu James Qiu yang sebelumnya bekerja untuk Mercedes-Benz.

Baca Juga:   Biaya Service Mobil Listrik Berkala di Indonesia

SU7 merupakan sedan sporty dengan sentuhan futuristis di sejumlah bagian. Sepintas, tampilan kendaraan itu seperti perpaduan antara Porsche Taycan Turbo dengan Tesla Model 3 dan S.

Xiaomi SU7 diklaim punya aerodinamika tinggi dengan koefisien drag hanya 0,195 Cd. Nominal tersebut jauh lebih rendah dibandingkan mobil listrik lain yang telah diproduksi. Namun, perlu dicatat, angka itu dihitung tanpa keberadaan lidar.

Secara dimensi, Xiaomi SU7 punya panjang 4.997 mm, lebar 1.963 mm dan tinggi 1.455 mm. Sementara sumbu rodanya 3.000 mm dengan bagasi besar yang kapasitasnya mencapai 517 liter.

Baca Juga:   Libur Nataru 2024 Mercedes-Benz Buka 8 Posko Siaga Truk

Xiaomi SU7 hadir melalui dua varian berbeda, yakni standard dan Max. Pada varian standar, pabrikan membekalinya dengan mesin V6 berpenggerak roda belakang yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 220 Kw dan torsi 400 Nm. Pembekalan tersebut membuat mobil mampu melesat dari nol ke 100 kpj dalam 5,2 detik.

Loading