Foto Profil WhatsApp Tak Bisa di Screenshoot, Memberikan Keamanan yang Lebih Baik

Pada Februari 2024 lalu, WhatsApp telah menguji coba fitur privasi baru pada versi beta untuk membantu melindungi foto profil pengguna dari tindak kriminal.

Kini fitur tersebut sudah resmi diluncurkan ke WhatsApp versi reguler, yakni kemampuan untuk mencegah pengguna mengambil tangkapan layar atau screenshot foto profil.

Demikian hal tersebut akan memberikan keamanan yang lebih baik dan aman bagi pengguna dan kendali yang lebih besar terhadap siapa saja yang dapat mengakses konten mereka.

Dalam pengujian versi beta, upaya untuk mengambil tangkapan layar akan memberikan layar hitam beserta tulisan ‘tidak dapat mengambil tangkapan layar karena pembatasan aplikasi.

Baca Juga:   Begini Jawaban Pegawai Indomaret Ketika Dihujat Beda Sendiri dari Teman-temannya

Kini pada WhatsApp versi stabil pengguna yang ingin melakukan upaya tersebut akan mendapatkan pesan yang sama.

Saat mencoba untuk mengambil tangkapan layar foto profil, WhatsApp tak menampilkan layar hitam tapi tetap memberikan tulisan pop-up ‘Aplikasi ini tidak mengizinkan tangkapan layar’

Kami juga mencatat bahwa meskipun kami tidak dapat mengambil tangkapan layar gambar profil individu, saat kami mencoba untuk mengambil gambar profil dalam obrolan grup, WhatsApp masih mengizinkan untuk mengambilnya. Akan tetapi untuk mengambil foto profil dari masing-masing anggota grup WhatsApp tidak memberikan izinnya.

Baca Juga:   Jadwal Lengkap Piala Dunia U17 2023

Sementara fitur ini diluncurkan, belum ada info lebih detail lagi seperti apakah fitur ini opsional atau tidak sehingga belum ada cara untuk menonaktifkannya jika memang ada pengguna tetap mengizinkan orang lain mengambil tangkapan layar gambar profil mereka.

Ini bukanlah fitur pertama yang membantu melindungi privasi pengguna di WhatsApp, sebelumnya ada opsi seperti mengubah pengaturan privasi foto profil, media sekali lihat, dan pengaturan privasi status.

Namun, ini merupakan langkah maju dalam membantu menyediakan aplikasi perpesanan yang lebih aman bagi pengguna, dan kemungkinan akan semakin banyak pengguna yang akan mulai melihat fitur ini di perangkat mereka dalam beberapa minggu mendatang.

Loading