Erick Thohir Resmi Terpilih Sebagai Ketua Umum PSSI: Memimpin Sepak Bola Indonesia ke Level yang Lebih Tinggi

Hotel Shangri-La Kamis 16 Februari 2023, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI, Erick Thohir resmi terpilih sebagai Ketua Umum (Ketum) PSSI periode 2023-2027 sesuai hasil Kongres Luar Biasa (KLB).

Kantongi 64 suara Erick Thohir unggul mutlak saat penghitungan suara. Menteri berusia 52 tahun itu mengalahkan tiga calon ketum lainnya, yaitu La Nyalla Mattalitti, Arif Putra Wicaksono, dan Doni Setiabudi.

Erick Thohir meraih 64 suara dari total 86 voters. Sementara itu, La Nyalla Mattalitti mendapat 22 suara, dan dua calon lainnya tidak memperoleh suara.

Berdasarkan penghitungan suara, untuk Aa Nyalla total suara 22, Erick Thohir 64 suara. Dengan demikian, Ketua Umum PSSI Terpilih periode 2023-2027 adalah Bapak Erick Thohir,” ujar Ketua Komite Pemilihan (KP) PSSI, Amir Burhanuddin.

Baca Juga:   Nerazzurri Melangkah Gemilang: Kalahkan AC Milan, Inter Milan Melaju ke Final Liga Champions

Adapun proses pemilihan berlangsung sekitar 38 menit yang dimulai pada pukul 11.40 WIB dan berakhir pukul 12.18 WIB. Erick Thohir sudah mendominasi sejak awal penghitungan suara.

Sudah Memiliki Pengalaman di Sepak Bola

Erick Thohir punya segudang pengalaman di sepak bola nasional dan internasional.

Di dunia si kulit bundar Indonesia, ia pernah menjadi Direktur Keuangan Persija Jakarta ketika menjuarai Liga Indonesia 2001, lalu Wakil Komisaris Utama Persib Bandung pada 2011-2019, dan pemegang saham Persis Solo sejak 2021.

Sementara itu, di sepak bola mancanegara, Erick Thohir adalah pemegang saham klub Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat, DC United pada 2012-2018, owner sekaligus Presiden Inter Milan pada 2013-2019, sampai pemilik saham klub kasta ketiga Liga Inggris, Oxford United sejak 2022.

Baca Juga:   Update Klasemen Medali SEA Games 2023, Kontingen Indonesia Berada di Posisi Berapa?

Erick Thohir sendiri sudah lama terlibat dalam dunia sepak bola Indonesia, terutama dalam hal investasi klub. Dia adalah salah satu pemilik klub sepak bola Liga 1, Persib Bandung dan DC United di Liga Amerika Serikat. Keterlibatannya dalam dunia bisnis dan olahraga diharapkan dapat membawa perubahan positif dalam pengelolaan sepak bola Indonesia.

Terpilihnya Erick Thohir sebagai Ketua Umum PSSI juga disambut positif oleh berbagai pihak, termasuk pengamat sepak bola Indonesia. Mereka berharap dengan kepemimpinan yang baru, PSSI akan semakin profesional dan fokus pada pengembangan sepak bola Indonesia ke arah yang lebih baik.

Baca Juga:   Update Klasemen MotoGP 2023: Bagnaia Kokoh di Puncak, Bezzecchi Semakin Mendekat

Namun, Erick Thohir juga dihadapkan dengan berbagai tantangan dalam kepemimpinannya. Salah satunya adalah menangani berbagai persoalan dalam dunia sepak bola Indonesia, seperti masalah doping, pengaturan jadwal pertandingan, dan juga tata kelola keuangan klub-klub sepak bola di Indonesia.

Kita tunggu bersama-sama bagaimana Erick Thohir akan memimpin PSSI ke depan, dan apakah dia bisa membawa perubahan positif dalam sepak bola Indonesia. Semoga Indonesia semakin maju dalam olahraga sepak bola di bawah kepemimpinan Erick Thohir.

Loading