Daihatsu Ayla Varian Termurah Kembali Dijual, Sinyal Penjualan Menggembirakan

Perodua selaku agen pemegang merek Daihatsu di Malaysia kabarnya akan mengeluarkan mobil termurah dalam waktu dekat. Ada tiga produk kendaraan yang salah satunya dapat menjadi basis dari calon mobil murah itu.

Hal tersebut sebelumnya juga telah diungkap oleh Menteri Investasi, Perdagangan dan Industri (MITI) Tengku Datuk Seri Zafrul Abdul Aziz. Menurutnya merek Jepang tersebut bakal mengumumkan informasi ini lebih lanjut dalam waktu dekat.

“Saya diberitahu bahwa Perodua akan segera menurunkan harga mobil untuk salah satu model mereka, membuat mobil yang sudah murah menjadi lebih murah! Model yang mana? Nah, tunggu saja pengumumannya,” ujarnya mengutip Paultan, Senin (8/5).

Tiga produk yang dimaksud ini di antaranya sedan Perodua Bezza, Myvi (kembaran Sirion), dan Axia yang merupakan kembaran Daihatsu Ayla di Indonesia.

Namun dari ketiga model yang disebut, diduga rencana ini akan mengerucut pada Axia, sehingga perusahaan melanjutkan varian termurah model itu untuk kembali diproduksi dan memenuhi kebutuhan pasar.

Baca Juga:   Spesifikasi Bajaj Qute Mobil Seharga Motor

Hal yang sama sempat terjadi di Indonesia, saat varian terendah Ayla, D MT dan D+MT menjadi mobil termurah Tanah Air. Namun, kini varian tersebut telah dihentikan produksinya seiring peluncuran generasi anyar Ayla.

Sebelum disuntik mati, Ayla D MT merupakan mobil baru paling terjangkau di Indonesia dengan banderol Rp115,55 juta. Kini Ayla paling murah dijual Rp134 juta.

Sri Agung Handayani, Direktur Marketing dan Direktur Planning & Communication Astra Daihatsu Motor (ADM) menyampaikan saat ini Ayla punya model termurah yang dapat dibeli konsumen, namun itu bukan varian D seperti sebelumnya.

“Daihatsu bahkan sudah menyiapkan type 1.0 M MT untuk konsumen yang mencari harga terjangkau, lengkap dengan DNGA dan dual airbag,” kata Agung.

Spesifikasi Ayla termurah varian D

Ayla lawas varian ini paling minim fitur. Misal dari sisi eksterior, mobil ini tidak menggunakan sensor sebagai bantuan mengemudi, sementara peleknya kaleng.
Lalu pengoperasian spion manual dan lampu-lampu menggunakan bohlam, bukan LED.

Masuk ke interior tampilannya sangat sederhana. Seperti halnya roda kemudi polos tanpa power steering, hingga dasbor tanpa sistem hiburan.

Selain itu penumpang mobil ini juga wajib menyiasati panas lantaran tidak memiliki sistem penunjang kenyamanan AC.

Soal mesin, Ayla D MT dibekali dapur pacu berkode 1KR-DE dengan konfigurasi 3-silinder segaris.

Mesin berkapasitas 998 cc ini mampu mengeluarkan daya sekitar 63,5 Hp dan torsi 86 Nm. Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke dua roda depan melalui transmisi manual 5-percepatan.

Daihatsu tak cuma menghentikan produksi Ayla D MT, tetapi juga varian tepat di atasnya Ayla D+ MT. Beda dari D MT, varian D+ MT dilengkapi AC dan Elektronik Power Steering (EPS).

Baca Juga:   Spesifikasi Motor Triumph Harga Rp 40 Jutaan

Ayla M MT

Secara ukuran Ayla M MT dirancang dengan panjang 3.760 mm, lebar 1.665 mm, tinggi 1.515 mm, sementara jarak sumbu roda 2.525 mm.

Mobil tersebut dibekali mesin bensin 1KR-VE DOHC VVTi berkubikasi 998 cc 3 silinder segaris. Mesin ini diklaim dapat melepas tenaga 66 hp pada rpm 6.600 dan torsinya sebesar 89 nm pada putaran mesin 4.400.

Mesin dikawinkan dengan transmisi manual lima percepatan yang menghantarkan tenaga ke dua roda depan.

Mobil ini sudah dilengkapi AC, electric power steering, jok berbahan fabric, pelek kaleng berukuran 13 inci dengan penutup, antena, 1 DIN Audio + 2 speaker, dual SRS Airbags, hingga seat belt depan with pretensioner.

Loading