Cara ‘Pin’ Pesan Penting di WhatsApp dengan Mudah

Begitu banyaknya percakapan di WhatsApp, terkadang membuat kita kesulitan dalam meraih kembali pesan yang sedang dibutuhkan. WhatsApp memang memiliki beberapa fitur yang berkaitan dengan kemudahan menjangkau pesan yang penting, tapi prosesnya membutuhkan waktu cukup lama.

Setelah diisukan akan meluncurkan fitur baru sejak berbulan-bulan lalu, WhatsApp akhirnya resmi memberlakukan fitur Pin yang akan memudahkan pengguna menyematkan pesan penting. Pesan yang disematkan ini tersimpan di bagian atas jendela percakapan dalam rentang waktu tertentu. Melalui laman resminya, WhatsApp mengumumkan peluncuran ini.

Sebelumnya, WhatsApp sudah melengkapi pengguna dengan fitur pencarian dan starred message. Fitur pencarian memampukan pengguna dalam mencari pesan hingga nama kontak yang sesuai dengan kata kunci yang dicari. Sementara itu, starred message, yang berupa ikon berbentuk bintang, memampukan pengguna dalam menandai pesan-pesan penting sehingga lebih mudah terlihat dan bisa terhindar dari penghapusan pesan secara masal.

Baca Juga:   Viral Video Seorang Pria Turunkan dan Robek Bendera Israel di Depan Kantor PBB Roma

Sayangnya, terkadang pesan yang penting itu adalah pesan yang harus dengan cepat dijangkaunya. Biasanya kita mengirim link sebagai ruang bekerja atau belajar, yang bila lupa untuk disimpan di tempat lain, maka akan terkubur dengan puluhan hingga ratusan pesan sehingga mempersulit jangkauannya.

Dua fitur yang sudah tersedia di WhatsApp ternyata belum mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Untuk itu, WhatsApp pun meluncurkan fitur baru bernama Pin yang bisa menyematkan suatu pesan dalam kurun waktu tertentu.

Serba Serbi Fitur Pin WhatsApp

Seperti yang sudah diterangkan sebelumnya, fitur ini akan memungkinkan kita dalam menyematkan suatu pesan di bagian teratas jendela percakapan. Dengan begitu, pesan penting akan lebih mudah untuk dicari.

Baca Juga:   Daerah Jakarta dengan Harga Tanah Termahal: Menembus Rp 200 Juta/Meter

Di lain sisi, penyematan ini tidak bersifat permanen dan terbatas. Pasalnya, pesan yang disematkan hanya bisa berlangsung paling lama satu bulan, sedangkan jumlah pesannya hanya bisa satu. Selain itu, tidak semua anggota suatu grup obrolan bisa menyematkan pesannya. Hal ini bergantung pada admin grup apakah ia mengizinkan penyematan pesan atau tidak.

Cara Menggunakan Fitur Pin WhatsApp

Menggunakan fitur Pin WhatsApp terbilang mudah. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka aplikasi WhatsApp-mu
  • Masuk ke sebuah jendela percakapan
  • Cari pesan yang menurutmu penting
  • Lalu klik dan tahan pesan tersebut
  • Klik ikon titik tiga di bagian atas jendela percakapan
  • Pilih menu “Pin”
  • Setelah itu, akan ada pop up untuk menentukan waktu penyematan pesan. Ini terdiri dari 24 jam, 7 hari, dan 30 hari.
Baca Juga:   Motif Sakit Hati, Wanita Ini Teror 600 Orderan Fiktif Buat Eks Tunangannya

Fitur Pin Sudah Tersedia di Indonesia

Fitur Pin ini sudah bisa digunakan pada aplikasi WhatsApp versi terbaru, yaitu 2.23.13.11. Jadi, bila kamu belum berhasil menemukan fitur ini di WhatsApp mu, maka kemungkinan besarnya aplikasi mu belum diperbarui. Sementara itu, produk andalan Meta ini juga umumnya memberlakukan fitur WhatsApp secara bertahap. Jadi, kalian bisa tunggu sampai pada giliran kalian.

Loading