Cara Perpanjang SIM Online

Perpanjang SIM sekarang makin mudah. Nggak perlu lagi ribet-ribet antre dan harus datang ke Satpas. Berikut cara perpanjang SIM dari rumah.

Antre merupakan salah satu hal yang dikeluhkan saat harus melakukan perpanjangan SIM (Surat Izin Mengemudi). Apalagi buat mereka yang bekerja, harus meluangkan waktu khusus pergi ke Satpas hanya untuk perpanjang SIM.

Seiring dengan perkembangan zaman, perpanjang SIM kini tak perlu antre lagi. Kamu yang SIM-nya mau habis bisa melakukan perpanjangan dari rumah hanya bermodalkan hape. Caranya adalah melalui aplikasi Digital Korlantas.

Kamu hanya tinggal mengunduh aplikasi Digital Korlantas Polri. Kalau sudah, pilih menu SIM dan Perpanjangan SIM. Setelah itu, kamu akan diminta untuk memasukkan nomor SIM dan mengunggah dokumen yang diminta seperti Foto Fisik e-KTP, foto fisik SIM, foto tanda tangan, dan pas foto.

Baca Juga:   Perpanjangan SIM Drive Thru di Bantul, Layanan Kilat Hanya dalam 5 Menit!

Perlu dicatat, format keempat dokumen itu berupa .jpeg, .jpg, dan .png. Kemudian resolusi yang digunakan adalah 480×640 pixel. Khusus untuk pas foto, pastikan latar belakangnya biru.

Kamu juga harus telah melakukan pengecekan kesehatan pada laman erikkes.id dan tes psikologi pada aplikasi epPsi. Nah untuk melakukan pengecekan kesehatan itu, kamu nanti akan lebih dulu diminta membuat akun baru dengan memasukkan NIK. Untuk tes kesehatan, kamu akan diminta mengisi daftar riwayat penyakit yang tersedia. Bila lolos nanti hasil tes itu otomatis langsung masuk ke aplikasi Digital Korlantas Polri.

Baca Juga:   Tragedi di Rel Kereta Api Semarang: Kronologi dan Penyebab Kecelakaan KA Brantas Tabrakan dan Truk

Tes selanjutnya adalah tes psikologi. Tes psikologi ini sudah terhubung ke Digital Korlantas Polri. sebelum memulai tes kamu juga harus melakukan registrasi dan pembayaran lebih dulu. Biayanya adalah Rp 37.500 dan dibayarkan ke rekening Bank BNI melalui mobil banking, iBank Personal, SMS Banking, ATM Bersama, Bank Lain, dan juga OVO.

Ada beberapa bagian yakni tes kepribadian, tes kognitif, hingga tes visual. Tes psikologi ini cukup memakan waktu karena soal yang diberikan cukup banyak. Sebisa mungkin luangkan waktu ketika kamu mau tes psikologi online ini. Sesudahnya, hasil tes kesehatan juga langsung terintegrasi dengan aplikasi Digital Korlantas Polri karena NIK yang sama. Hasil tes juga akan dikirimkan melalui email yang didaftarkan saat registrasi.

Baca Juga:   ChatGPT Kini Tersedia Gratis di iOS! Pelajari Cara Mengunduhnya dan Nikmati Pengalaman Berinteraksi dengan Kecerdasan Buatan

Bila seluruh rangkaian tes sudah dilakukan, kamu bisa memilih lokasi Satpas untuk pengambilan ataupun pengiriman. Kalau pilih pengiriman, maka SIM akan dikirim langsung ke rumah. Status transaksi maupun pengiriman itu bisa kamu pantau di aplikasi Digital Korlantas. Kalaupun ditolak, dana yang sudah kamu bayar akan dikembalikan ke rekening kamu.

Loading