Cara Parkir Mobil Matic yang Benar, Rem Tangan atau P Dulu?

Mengendarai mobil transmisi matic memang mudah. Pengendara hanya injak pedal rem dan akselerator agar mobil bisa berjalan, mundur, bahkan untuk parkir.

Namun banyak yang keliru saat parkir. Karena salah mengoperasikan transmisi matic potensi jadi rusak dan keluar dana cukup besar. Untuk itu penting pengetahuan memarkir mobil matic.

Cara parkir mobil matic yang benar adalah bukan memindahkan posisi gigi ke P terlebih dahulu ketimbang rem parkir atau rem tangan. Tapi, tarik dulu rem parkir, baru pindahkan transmisi ke N kemudian P.

Langkah ini untuk memperingan kerja gearbox karena komponen-komponen di dalamnya sangat sensitif. Tidak inginkan komponen itu rusak lantaran salah pengoperasian transmisi matic. Berikut ulasan selengkapnya.

Posisi tuas parkir

Posisi transmisi yang dianjurkan pada mobil matic saat parkir adalah tuasnya di posisi P. Beberapa mobil ada yang sudah dilengkapi sensor, sehingga mobil tak akan bisa distarter kalau tidak dalam posisi P.

Baca Juga:   Cara Bongkar Pasang Ban Mobil dengan Benar dan Aman

Injak pedal rem saat mobil dinyalakan

Pastikan pedal berada pada posisi P atau N saat parkir (dalam kondisi paralel). Kemudian injak rem saat mobil distarter dapat mencegah mobil meloncat saat dinyalakan.

Saat berhenti lama

Saat berhenti dalam waktu lama dan mesin nyala, seperti ketika menunggu lampu hijau nyala, posisikan tuas transmisi di N (netral) dan tarik tuas rem parkir sebagai pengaman.

Kemudian jangan memposisikan tuas di D dan menginjak pedal rem saat berhenti dalam waktu yang lama. Terutama pada lampu merah. Hal itu bisa memicu rem jadi cepat panas dan ada kemungkinan mobil melaju begitu saja saat rem kaki dilepas.

Baca Juga:   Politikus Oposisi Korsel Ditikam di Leher saat Blusukan

Parkir paralel

Dalam kondisi ini, posisikan tuas ke N dan pastikan lepas pengunci dengan mengaktifkan Shift Lock untuk melepas pengunci tuas transmisi.

Berhenti di jalan menanjak

Saat berhenti di jalan menanjak karena macet, jangan menekan pedal gas untuk menahan mobil karena akan membuat transmisi panas. Cukup posisikan tuas ke N, lalu tarik rem tangan.

Injak pedal rem saat memindahkan transisi

Selalu ingat untuk injak pedal rem saat tuas pemindah transmisi baik maju atau mundur. Cara ini bisa mencegah potensi mobil melompat kalau pedal rem tidak diinjak.

Baca Juga:   2 Cara Logout Akun Gmail di Hp

Saat di jalan menurun

Dalam menghadapi jalan turunan, apalagi cukup panjang dan curam, sebisa mungkin pindahkan transmisi untuk memanfaatkan engine brake. Pindahkan tuas ke gigi 2, 3 atau L.

Gunakan gigi rendah

Sahabat perlu tahu, mobil matic juga bisa menggunakan tambahan power untuk menambah tenaga saat hendak menyalip kendaraan. Sehingga ketika membutuhkan tambahan power saat menyalip, tarik tuas gigi 2,3 atau L.

Cegah transmisi tidak mudah rusak

Perlakuan khusus mobil matic lainnya adalah perlakukan tuas dengan cara lembut saat memindahkan tuasnya. Cara ini bisa mencegah tuas transmisi tidak mudah rusak dan kasar mengutip keterangan Daihatsu.

Loading