Cara Mudah Buka Mur Roda Mobil

Mur-mur pada pelek yang menopang kendaraan perlu mendapat perawatan dengan baik agar tak sulit dibuka dan berujung patah.

Pengecekan roda kendaraan sebelum digunakan perlu dilakukan agar bisa digunakan dengan nyaman. Jadi apabila di tengah perjalanan ban kendaraan kempes, kamu tidak kesulitan dalam membukanya.

Penyebab mur roda mobil susah dibuka bisa juga terjadi karena ulir atau drat mengalami karatan. Kedua komponen yang berkarat inilah yang menyebabkan mur dan baut sulit dipisahkan.

Bahkan, pada beberapa kasus baut as roda bisa patah karena drat tak mampu berputar dengan baik. Jika ini terjadi di jalan, bisa menyulitkan pemilik kendaraan.

Untuk mengantisipasi hal itu, ada sejumlah cara agar mur roda tak sulit dibuka. Berikut cara-caranya:

Pakai cairan penetran

Jika sulit melepaskan mur yang susah dibuka pada roda, maka bisa memberikan cairan penetran. Cukup dengan menyemprotkan cairan ini ke bagian mur pada roda dan diamkan sesaat.

Baca Juga:   Tips Efektif: Cara Blokir STNK Kendaraan yang Telah Dijual

Hal ini dilakukan dengan tujuan agar debu halus dan karat pada bagian mur dan baut bisa dengan mudah hilang. Dengan begitu mur bisa dibuka tanpa kesulitan.

Pakai alat bantu putar mur roda

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah memanfaatkan alat bantu untuk memutar mur pada roda mobil. Caranya bisa menggunakan alat ungkit yang lebih panjang dan disambungkan ke kunci roda.

Apabila cara ini dilakukan, maka mur pada roda bisa terlepas dengan mudah. Namun musti diingat, mur bisa terbuka kalau kondisi tidak kotor atau berkarat.

Pengguna disarankan untuk selalu sediakan alat bantu ini agar bisa digunakan kapan saja saat dibutuhkan.

Baca Juga:   Mobil Sport Hyundai N Vision 74 Segera Mengaspal

Gunakan kunci momen

Pada saat memasang kembali ban mobilnya, disarankan untuk menggunakan kunci momen atau kunci torsi dengan kekuatan yang sesuai rekomendasi pabrikan.

Jika tidak memiliki kunci momen, maka bisa usahakan tidak mengencangkan mur dan baut secara berlebihan, sehingga tak sulit untuk membukanya. Anda bisa memasangkan mur hingga dirasa tidak bisa berputar lagi.

Merotasi ban secara berkala

Pada saat mur roda mobil susah dibuka, Anda bisa rotasi ban secara rutin. Hal ini dilakukan untuk mencegah mur macet saat akan dibuka.

Untuk merotasi mur Anda bisa melakukannya setiap 10 ribu km atau setiap 6 bulan sekali pada mobil. Selain itu juga bisa dilakukan bersamaan saat melakukan servis secara berkala.

Bersihkan mur dan baut roda

Selanjutnya mengatasi mur yang susah dibuka yaitu perlu membersihkan mur, baut dan lubang baut pada pelek secara berkala.

Baca Juga:   Penggunaan Air AC buat Isi Radiator, Apakah Aman?

Pastikan tidak ada kotoran dan karat yang menempel. Selain itu jangan lupa untuk diberikan pelumas pada mur agar bisa mudah dibuka saat dibutuhkan.

Pasang mur dengan menyilang

Selain membuka dan membersihkan mur berkarat, mengencangkan mur roda disarankan untuk tidak dilakukan secara berurutan.

Hal ini bisa menyebabkan daya ikatnya menjadi kurang merata dan pelek tidak memegang sempurna pada as roda.

Pemasangan mur roda perlu dilakukan secara menyilang dan secara bertahap agar daya tekan pada semua baut bisa seimbang.

Hal itu bertujuan agar ban mobil tidak goyang saat dikendarai dengan kecepatan tinggi dan memiliki potensi baut roda patah menurut Daihatsu.

Loading