Cara Merawat Ban Khusus Mobil Listrik Agar Awet dan Tahan Lama

Ban menempati posisi penting dan krusial untuk mendukung kenyamanan dan fleksibilitas berkendara. Sebab karet bundar itu bersinggungan langsung dengan jalanan, terutama bagi kendaraan listrik yang membutuhkan teknologi khusus.

Demi meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara mobil listrik, komponen ban perlu mendapat perhatian khusus.

Customer Engineering Support Michelin Indonesia, Mochammad Fachrul Rozi mengatakan, Michelin merancang ban mobil listrik dengan teknologi yang lebih maju untuk mengoptimalkan performa kendaraan listrik.

“Jangkauan tempuh baterai, kesunyian dalam kabin, dan usia pakai ban akan dioptimalkan dengan tetap mempertahankan tingkat keamanan dan kenikmatan berkendara,” ujar Rozi, dalam keterangan resmi (12/5/2023).

Baca Juga:   Tampil Lebih Garang Motor Baru Honda XRE 190 Bisa Ngacir 500 Km Sekali Full Tank

Menurut Rozi, para pengguna mobil listrik perlu merawat ban secara konsisten agar umur penggunaan ban lebih panjang. Hal utama yang perlu diperhatikan, pertama pastikan untuk mengecek tekanan angin secara berkala, sesuai rekomendasi pabrikan pembuat kendaraan.

Kedua, para pemilik diimbau untuk tidak menggunakan semir ban berbahan dasar minyak bumi atau kimia.

Ketiga, periksa kondisi keseluruhan ban secara berkala, pastikan tidak ada sobekan atau kerusakan pada dinding ban. Terakhir pastikan alur ban masih layak digunakan, serta masih memiliki ketebalan yang ideal (2 mm).

Loading