Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Mudah dan Alami

Karang gigi umumnya perlu dibersihkan setiap enam bulan sekali. Tak perlu langsung ke dokter, ternyata ada cara menghilangkan karang gigi secara alami.

Karang gigi memang harus dibersihkan agar gigi tak terlihat kotor dan rusak. Pada beberapa kasus, karang gigi bahkan bisa menyebabkan bau mulut.

Selain itu, karang gigi yang tidak dibersihkan juga bisa membuat gigi rusak karena bakteri yang menggerogoti bagian email gigi Anda. Saat ini terjadi, bisa muncul penyakit gusi, seperti radang gusi atau penyakit periodontal yang lebih serius.

Umumnya orang akan pergi ke klinik dokter gigi untuk membersihkannya. Namun, membersihkan karang gigi ternyata bisa dilakukan di rumah dengan biaya yang lebih murah.

Baca Juga:   Banyak Yang Tidak Tahu: Ini Rahasia Imunitas Tubuh

1. Menggosok gigi dengan benar
Pemakaian sikat dan pasta gigi yang tepat perlu didukung cara menyikat gigi yang benar.

Gosok gigi secara teratur, dua kali sehari selama sekitar dua menit. Gosok gigi cuma selama 30 detik tidak akan mengontrol karang gigi.

2. Lidah buaya
Lidah buaya memiliki sifat antibakteri. Hal ini membuat tanaman tersebut bisa mencegah plak dan menghilangkan penumpukan karang gigi.

Selain itu, lidah buaya juga memiliki sifat anti-inflamasi, artinya baik untuk Anda yang bermasalah dengan gusi. Gunakan campuran lidah buaya dan air sebagai obat kumur setiap hari.

Baca Juga:   KRIS: Pengganti Kelas I-III BPJS Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui

3. Pakai soda kue
Soda kue bisa mencegah dan mengobati penumpukan karang gigi. Baking soda ini memang mengandung natrium bikarbonat yang membantu melembutkan karang gigi.

Bukan hanya itu, melansir berbagai sumber baking soda juga bisa menyeimbangkan asam di mulut yang membuat plak berhenti berkembang menjadi karang gigi. Tapi ingat, jangan menggunakan baking soda terlalu banyak karena bisa merusak enamel gigi.

4. Pemilihan sikat dan pasta gigi yang tepat
Melansir dari WebMD, studi menemukan sikat gigi elektrik bisa membersihkan plak yang jika mengeras bakal jadi karang gigi. Kemudian pilih pasta gigi yang mengandung fluoride.

Baca Juga:   Ditemukan Pasien Pertama Varian Omicron Di Indonesia, Begini Gejalanya

Fluoride akan membantu memperbaiki email gigi. Beberapa produk pasta gigi mengandung triclosan yang mampu melawan bakteri.

5. Cuka putih
Berkumur dengan cuka juga bisa membantu menghilangkan karang gigi. Cuka mengandung anti bakteri alami yang membantu demineralisasi atau melembutkan karang gigi.

Anda bisa berkumur dua kali sehari dengan cara mencampur dua cangkir air hangat dengan dua sendok teh cuka putih serta sedikit garam. Berkumur menggunakan campuran ini setelah atau saat menyikat gigi.

Loading