Cara Buka Jok Yamaha Nmax

Membuka jok sepeda motor menjadi rutinitas yang sering dilakukan oleh pengguna kendaraan roda dua. Meski kini banyak pabrikan roda dua yang memindahkan posisi pengisian bahan bakar tidak di bawah jok lagi, seperti pada motor Yamaha Nmax.

Sebagai gantinya ruang di bawah jok untuk menempatkan barang bawaan. Untuk membuka jok motor Nmax ini tidaklah sulit, pemilik kendaraan hanya perlu memperhatikan jenis motor Nmax yang dimilikinya.

Pasalnya, untuk Nmax lawas atau old memiliki cara membuka jok yang berbeda jika dibandingkan dengan generasi baru Nmax yang kini sudah dilengkapi dengan fitur keyless.

Cara membuka jok Nmax

Dilansir dari berbagai sumber, terdapat dua cara membuka jok Nmax. Perbedaan cara membuka jok Nmax ini dikarenakan perbedaan jenis kunci yang diberikan oleh pabrikan Yamaha untuk generasi maksi skutiknya ini. Jika pada Nmax old masih menggunakan anak kunci konvensional, maka pabrikan asal Jepang itu sudah membenamkan fitur keyless atau yang mereka sebut dengan Smart Key System.

Baca Juga:   Tips! Dapatkan Subsidi Pembelian Motor Listrik Sebesar Rp 7 Juta dengan Mudah

Cara membuka jok Nmax lawas

Untuk Nmax generasi awal, pihak Yamaha masih menggunakan anak kunci untuk membuka jok dan juga untuk membuka tutup tangki bensin.

Buka pelindung rumah kunci

Langkah pertama untuk membuka jok Nmax adalah dengan membuka pelindung rumah kunci. Disamping rumah kunci utama, terdapat mekanisme untuk membuka pelindung rumah kunci, masukkan bagian kepala kunci dan putar sesuai dengan anak panah. Jika berhasil, maka pelindung rumah kunci akan terbuka.

Masukkan kunci

Pindahkan kunci ke rumah kunci dan masukkan pada bagian ujungnya hingga masuk dengan sempurna. Untuk membuka jok putar kunci Nmax tersebut ke arah kiri, hingga merasakan adanya gaya balik yang berasal dari pegas yang berada di jok motor Nmax lawas.

Baca Juga:   Pria Jepang Habiskan Rp214 Juta Demi Mewujudkan Impiannya Menjadi Binatang

Membuka bagasi

Saat merasakan adanya gaya pegas, juga akan diikuti dengan bunyi ‘cetak’ dan jok yang sudah sedikit membuka. Buka jok hingga sempurna agar jok tidak menutup kembali dengan tiba-tiba yang bisa melukai tangan.

Mengunci bagasi

Setelah selesai digunakan, putar kunci ke arah kiri kembali hingga bagasi terkunci.

Cara membuka jok Nmax baru

Berbeda dengan Nmax old, cara membuka jok motor Nmax new ini memiliki perbedaan. Hal ini dikarenakan pada unit Nmax new sudah tidak menggunakan kunci konvensional lagi. Pihak pabrikan sudah menggunakan kunci keyless yang disebut memiliki fitur keamanan yang lebih baik ketimbang kunci konvensional.

Kehadiran fitur keyless ini membuat rumah kunci Nmax new tidak lagi menggunakan rumah kunci, melainkan sudah menggunakan knob putar. Peran anak kunci pada generasi sebelumnya juga sudah digantikan dengan remote.

Baca Juga:   Bus Rombongan Partai Mengalami Kecelakaan Gegara Nyalip Truk dan Berakhir Terguling

Aktifkan knob

Langkah pertama untuk membuka jok Nmax adalah dengan mengaktifkan knob. Caranya dengan menekan tombol yang terdapat pada remote selama kurang lebih 3 detik.

Putar knob

Setelah knob aktif, kemudian putar knob ke arah kiri.

Buka jok

Di bawah knob terdapat dua tombol, yakni tombol fuel dan seat. Tekan tombol fuel untuk membuka tangki bensin, sedangkan untuk membuka jok, tekan tombol yang bertuliskan seat. Buka jok dengan sempurna untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Agar proses membuka jok atau tutup bahan bakar pada motor keyless bisa berjalan dengan sempurna, pastikan remote tidak kekurangan daya. Selain remote, aki pada motor ini juga harus dalam keadaan optimal. Jika salah satu bermasalah, maka dikhawatirkan mengganggu proses buka jok motor Nmax ini.

Loading