Cara Aktivasi KTP Digital di HP

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan agar melakukan percepatan penerapan Digital ID atau Identitas Kependudukan Didital (IKD). Simak cara aktivitas KTP digital tersebut.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengungkapkan bahwa KTP Digital merupakan transformasi dokumen identitas kependudukan dari yang semula berbentuk fisik, nantinya bertransformasi menjadi digital dan bisa diakses di HP, yang isinya terdiri dari e-KTP, KIA, Kartu Keluarga, maupun dokumen kependudukan lainnya.

Dengan demikian, identitas digital itu akan menjadi alat bagi masyarakat untuk membuktikan informasi data diri secara online ketika mengakses layanan pemerintah dan swasta.

Baca Juga:   Viral Pengantin Pria Beri Mahar Rp 21 Ribu Tapi Bawa Hadiah Honda Brio

Untuk mewujudkan penerapan Digital ID ini, Kemendagri telah membuat aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD), baik pengguna smartphone berbasis Android maupun iOS.

“IKD diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas dan efisiensi masyarakat terhadap layanan pemerintah maupun swasta. Pertama, IKD dapat memvisualisasikan KTP secara digital (menjadi “KTP Digital”) agar tidak diperlukan lagi fotocopy KTP,” ujar Kemendagri.

Hal yang menjadi perhatian dalam mengaktivasi aplikasi IKD ini, detikers harus melakukannya di Dinas Dukcapil setempat yang disesuaikan dengan data alamat di KTP.

Cara Aktivasi KTP Digital

  • Untuk mengaktivasi IKD ini, masyarakat sudah lebih dulu melakukan perekaman e-KTP dan memiliki smartphone
  • Unduh aplikasi IKD
  • Daftar dengan mengisi akun email dan nomor telepon yang aktif
  • Lalu klik verifikasi data
  • Pilih tombol “Ambil Foto” untuk melakukan verifikasi Face Recognition
  • Lakukan pengambilan Foto kemudian pilih “Scan QR Code” di Dinas Dukcapil setempat
  • Buka akun email yang sudah didaftarkan guna mengecek kode aktivasi
  • Terakhir tinggal masukkan kode aktivasi, serta captcha di aplikasi IKD
Baca Juga:   Viral Sopir Bajaj Turunkan Penumpang di Tengah Jalan Usai Dengar Kabar Istri Diusir dari Kontrakan

Setelah aktivasi dinyatakan selesai, maka KTP digital detikers akan muncul di layar ponsel. Dan, identitas digital ini pun sudah sah digunakan dalam berbagai layanan yang berbasis digital.

Loading