Calon Pemain Naturalisasi Baru Timnas Indonesia Datang Lagi?

Rumor mengenai pemain naturalisasi terus bermunculan seiring langkah PSSI membuka kesempatan pemain keturunan membela Timnas Indonesia dalam kurun dua tahun terakhir.

Setelah sederet nama seperti Sandy Walsh, Jordi Amat, Ivar Jenner, Rafael Struick, Shayne Pattynama, dan Justin Hubner, hingga gelombang baru yang ditandai kedatangan Jay Idzes, Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Nathan Tjoe-A-On, masih muncul sederet nama lain yang disebut-sebut akan menjadi anggota baru Timnas Indonesia.

Kiper asal Belanda yang kini berlaga di liga sepak bola Amerika Serikat Maarten Paes sempat digadang-gadang bakal menjalani naturalisasi, namun kemudian disebut kiper FC Dallas itu masih harus menjalani proses lebih panjang meski DPR sudah menyetujui alih warga negaranya.

Baca Juga:   Viral Petugas Kebersihan RSUD Piru Maluku Mengamuk Hamburkan Sampah Gegara Gaji Tak Dibayar Selama 6 Bulan

Nama lain yang juga sudah berada dalam radar adalah Ole Romeny. Pemain FC Utrecht di Eredivisie itu mengaku sudah dikontak PSSI.

Sementara dalam kunjungan ke Belanda beberapa waktu lalu, Shin Tae Yong sudah bertemu dengan dua pemain yakni Calvin Verdonk dan Jens Raven.

Bahkan dalam sebuah wawancara di Youtube Yussa Nugraha, Verdonk mengaku tengah menjalani proses naturalisasi. Hanya saja pemain dengan keturunan Meulaboh, Aceh, dari sang ayah itu belum tahu kapan naturalisasinya selesai.

Tiga pekan lalu Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyatakan naturalisasi pemain tidak akan terus ditambah secara membabi buta.

Baca Juga:   6 Negara Lolos ke Perempatfinal Piala Asia U-23 2024

“Saya belum bicara mengenai penambahan [pemain naturalisasi dengan Shin Tae Yong] karena kita masih fokus proses naturalisasi yang hari ini saja. Karena ini juga percepatannya luar biasa,” kata Erick ketika ditemui pada 14 Maret.

“Terima kasih kepada Bapak Presiden, Ibu Puan, pimpinan DPR, Komisi III, Komisi X yang juga bisa melakukan percepatan. Jadi saya belum melihat itu [penambahan pemain naturalisasi],” ujarnya.

Sementara ketika ditemui jelang keberangkatan Timnas Indonesia U-23 menuju Dubai, Uni Emirat Arab, untuk persiapan Piala Asia U-23 2024, Shin menjelaskan Verdonk kemungkinan bisa membela Timnas Indonesia dalam kurun dua bulan lagi.

Baca Juga:   VIRAL Sekelompok Siswi SMKN di Kota Kendari Diduga Pesta Narkoba Jenis Sinte

“Calvin [Verdonk] memang sedang berusaha dinaturalisasi. Mungkin kalau cepat Juni sudah selesai. Saya juga sudah lihat langsung performa dia dan sangat baik, jadi sangat membantu Timnas Indonesia,” ucap STY.

Loading