Briptu Renita Rismayanti Meraih Penghargaan Polisi Terbaik dari PBB

Prestasi gemilang Polisi Wanita (Polwan) Indonesia, Briptu Renita Rismayanti, mencuri perhatian dunia dengan meraih penghargaan United Nations Woman Police Officer of the Year Award tahun 2023 atau Polisi Wanita Terbaik 2023 dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Penghargaan tersebut diberikan dalam upacara di Markas Besar PBB di New York pada 16 November 2023, sebagai penghargaan atas kontribusi luar biasa Briptu Renita dalam menjalankan tugasnya di misi perdamaian dunia. Sosoknya pun mulai menjadi perhatian dan membuat publik penasaran, berikut ini profilnya.

Baca Juga:   Alfamidi Buka Suara Soal Keberadaan Juru Parkir Liar

Profil Briptu Renita

Briptu Renita Rismayanti merupakan wanita kelahiran Magelang pada 28 Oktober 1996. Saat ini, pada usia 27 tahun, Renita telah mencapai pangkat Brigadir Polisi Satu (Briptu). Kiprahnya dalam kepolisian dimulai sebagai petugas informasi publik pada tahun 2014, menunjukkan dedikasinya sejak awal karier.

Pengalaman dan Kemampuan

Renita tidak hanya memiliki pengalaman dalam berbagai bidang, seperti pelatihan, administrasi, dan logistik, tetapi juga tergabung dalam Divisi Hubungan Internasional (Divhubinter) di bawah kepemimpinan Irjen Pol Krishna Murti. Selain itu, kemampuannya dalam berbahasa daerah dan asing, serta keterampilan di bidang teknologi dan data, membuatnya menjadi sosok yang berkualitas dan beragam.

Baca Juga:   Rute Penerbangan Terpendek Cuma Terbang 37 Menit ada di Papua

Peran dalam Misi PBB

Dalam misi perdamaian PBB, Renita menjalankan peran sebagai Petugas Database Kejahatan di Misi Stabilisasi Terintegrasi Multidimensi PBB di Republik Afrika Tengah (MINUSCA). Tugasnya mencakup pengembangan desain dan basis data kriminal dan gangguan publik di wilayah tersebut.

Briptu Renita berhasil menyusun sistem yang tidak hanya membantu polisi setempat tetapi juga mendukung pasukan keamanan negara untuk merencanakan operasi dengan lebih efektif, memetakan titik-titik rawan kejahatan dan kekacauan di Republik Afrika Tengah.

Baca Juga:   Video Viral Pernikahan di Yogya Dikira Tempat Wisata, Rombongan Bule Nimbrung Ikut Foto

Penghargaan sebagai Polwan Terbaik PBB 2023 menjadi bukti nyata bahwa Briptu Renita Rismayanti bukan hanya seorang polisi yang berdedikasi, tetapi juga seorang pemimpin dan inovator dalam bidang keamanan internasional. Prestasinya yang gemilang tidak hanya membanggakan Indonesia, tetapi juga memberikan inspirasi bagi generasi muda, khususnya perempuan, untuk mengejar cita-cita mereka tanpa batasan.

Loading