Bisa Bantu Redakan Diare, Ini Manfaat Daun Jambu Biji

Ada banyak manfaat daun jambu biji bagi kesehatan tubuh. Daun berwarna hijau ini telah dipercaya sebagai salah satu obat herbal di berbagai belahan dunia.

Daun jambu biji mengandung ekstrak anti oksidan yang dapat melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit. Selain itu, daun ini juga memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Adapun nutrisi lain yang terdapat di dalam daun jambu biji, seperti flavonoid, polifenol, tanin, dan karotenoid dapat berguna mengobati berbagai penyakit, seperti dikutip dari laman Healthline.

Masih terdapat banyak manfaat daun jambu biji lainnya yang perlu kamu tahu, simak penjelasan selengkapnya.

Manfaat Daun Jambu Biji

Berikut ini adalah sejumlah manfaat daun jambu biji untuk kesehatan yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Menurunkan kadar kolesterol

Baca Juga:   BPOM Ungkap 8 Obat Tradisional yang Dapat Menyebabkan Kerusakan Ginjal dan Hati

Daun jambu biji dapat membantu mengontrol dan membantu menurunkan kadar kolesterol tubuh. Bahkan sebuah penelitian di Nigeria membuktikan bahwa daun jambu biji dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Hal ini karena daun jambu biji mengandung senyawa yang dapat melarutkan kadar kolesterol low density lipoprotein (LDL).

2. Menstabilkan kadar gula darah

Jika kamu menderita diabetes, kamu bisa menggunakan daun jambu biji untuk mengontrol kadar glukosa atau gula darah secara alami. Anda bisa mengolah daun jambu biji menjadi teh.

3. Menurunkan berat badan

Manfaat daun jambu biji lainnya adalah dapat menurunkan berat badan. Dikutip dari laman Healthiersteps, hal ini karena ada proses pemecahan karbohidrat menjadi senyawa yang dapat diolah lagi oleh tubuh. Dengan melalui proses ini, maka tidak ada proses perubahan kompleks menjadi gula.

Baca Juga:   Daftar Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Selain itu, minuman ekstrak daun jambu biji mengandung rendah kalori sehingga dapat menjadi pengganti untuk minuman tinggi gula.

4. Membantu penyembuhan demam berdarah

Anda mungkin sering mendengar bahwa daun jambu biji dapat membantu mempercepat penyembuhan demam berdarah. Ekstrak daun jambu biji dapat membantu meningkatkan trombosit serta menghambat pertumbuhan virus dengue dalam tubuh.

Saran penyajiannya ialah merebus 8-9 lembar dan campurkan dengan air minimal 6 gelas lalu rebus hingga air mulai menyusut. Setelah itu, saring airnya dan minum sebelum menjadi dingin.

5. Mengobati diare

Anda bisa menggunakan daun jambu biji untuk mengobati diare. Dikutip dari laman WebMD, para peneliti telah mempelajari penggunaan teh daun jambu biji sebagai pengobatan anti-diare.

Hasilnya dilaporkan, diare yang disebabkan oleh infeksi dapat sembuh lebih cepat setelah pemberian teh daun jambu biji. Untuk mendapat manfaatnya, Anda bisa merebus daun jambu biji dan minum airnya saat sudah agak dingin.

Baca Juga:   Regu Pembasmi Covid19: Tidak Bisa Hanya Mengandal Masker dan Cuci Tangan, Ini Kiatnya

6. Mengatasi perut kembung

Daun jambu biji juga bisa membantu meredakan keluhan perut kembung. Hal ini karena sifat anti-inflamasi di dalam daun yang membantu menenangkan usus dalam sistem pencernaan sehingga tidak kembung lagi.

7. Menangkal radikal bebas

Radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidatif dan gangguan serta penyakit kronis pada tubuh. Nah, untuk menetralkan radikal bebas Anda perlu memastikan tubuh mendapatkan cukup antioksidan.

Daun jambu biji diketahui mengandung antioksidan dan flavonoid yang tinggi. Kandungan inilah yang berperan sebagai pereduksi dan penangkal radikal bebas.

Loading