Begini Cara Baca Kode Produksi Ban Motor

Salah satu cara mudah mengecek kondisi ban adalah mengetahui umurnya yakni dengan membaca kode produksi yang tertera di area dinding.

Kode itu biasanya terdiri dari empat digit angka. Misalnya 4321, ini menunjukkan ban itu diproduksi pada Oktober 2021.

Dua angka pertama menyimbolkan urutan pekan, sedangkan dua angka paling belakang menandakan tahun. Pada 4321 berarti ban lahir pada pekan ke-43 di tahun 2021.

Dari petunjuk urutan pekan itu Anda bisa mengetahui kapan persisnya ban diproduksi. Pekan ke-43 pada 2021 dimulai dari 25 Oktober.

Baca Juga:   Cara Parkir Mobil Matic yang Benar, Rem Tangan atau P Dulu?

Pada area dinding ban ada kode-kode lainnya yang berarti hal lain. Contohnya kode 110/70-17 yang menandakan ukuran ban.

Tulisan angka 110 artinya lebar tapak ban dalam satuan milimeter. Sedangkan angka usai garis miring, 70, berarti merujuk ke tinggi dinding ban.

Artinya tinggi dinding ban 70 persen dari 110 milimeter, yaitu 77 milimeter. Tinggi ini dihitung dari permukaan ban yang menyentuh aspal hingga bagian yang menyentuh pelek.

Angka terakhir pada kode, 17, menunjukkan diameter ban yang merujuk ke diameter pelek. Ban 110/70-17 artinya dipakai di pelek ukuran 17 inci.

Baca Juga:   Mengungkap Penyebab Overheat pada Mesin Mobil

Mengetahui usia ban dan bisa membaca kode-kode lain dapat membantu Anda lebih memahami motor. Selain itu Anda juga bisa mengerti kapan harus beli ban baru dan jangan beli ban yang usianya sudah terlalu tua.

Loading