Arti Omon-Omon yang di Ucapkan Prabowo Saat Debat Capres Ketiga

Calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto memperkenalkan istilah baru dalam debat Capres yang digelar Minggu (7/1/2024).

Adapun istilah omon-omon viral usai sosok Ketua Umum Partai Gerindra tersebut mendebat capres lawan yakni Anies Baswedan.

Istilah tersebut digunakan untuk ‘menyerang’ Anies dengan mencontohkan pemimpin ideal ialah yang bisa membawa contoh dan tidak sekadar omon-omon.

“Jadi tidak bisa kerjanya omon-omon saja, ing ngarso sung tulodo (di depan memberi contoh),” ujar Prabowo dalam debat yang digelar di Istora Senayan, Jakarta Pusat kemarin.

Baca Juga:   Prabowo Berencana Bentuk Presidential Club yang Diisi Mantan Presiden

Lantas, apa arti dari istilah omon-omon tersebut?

Arti omon-omon yang berulang kali disebut Prabowo

Istilah omon-omon bisa dibilang baru lantaran tak pernah dipakai oleh masyarakat dalam pembicaraan sehari-hari di daerah manapun di Indonesia.

Frasa omon-omon juga tidak masuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia sehingga bisa dipastikan istilah tersebut adalah slang alias bahasa gaul.

Adapun merujuk kepada konteks pernyataan Prabowo kala itu, omon-omon berarti omong-omong atau berbicara.

Prabowo saat menggunakan istilah tersebut juga saat menyetujui pernyataan capres lawan yakni Ganjar Pranowo.

Baca Juga:   Seorang Penumpang Rusuh, Kencing di Kabin Pesawat Putar Balik Ke Bandara Asal

Ganjar sempat menyatakan bahwa pemimpin ideal adalah pemimpin yang memiliki kerja nyata dan tak sekadar hanya bisa berkata-kata saja.

“Saya kok banyak setuju dengan Pak Ganjar, ya. Kalau benar, masuk akal, saya setuju. Kalau omon-omon, ya kumaha (bagaimana),” sindir Prabowo.

Hal itu juga sekilas diamini oleh Waketum Gerindra Fadli Zon dalam pernyataannya, Minggu (7/1/2024). Fadli Zon sepakat dengan pernyataan sang Ketum bahwa pemimpin tak hanya kuat dalam perang narasi.

Fadli juga menyandingkan omon-omon dengan istilah text book thinker yang pernah diperkenalkan oleh Presiden RI pertama, Soekarno.

Baca Juga:   Rute Penerbangan Terpendek Cuma Terbang 37 Menit ada di Papua

Lebih lanjut, Fadli juga melihat potensi bahwa istilah baru ini bakal menjadi kosa kata baru di masyarakat.

Frasa omon-omon kini menjadi kata kunci yang trending di media sosial seperti X (sebelumnya Twitter). Kata kunci omon-omon telah dicuit sebanyak 64,7 ribu kali oleh pengguna X.

Loading