Aplikasi Thread Pesaing Twitter, Bisa di Unduh di iOS dan Android

Setelah berbulan-bulan spekulasi dan kerahasiaan, aplikasi pesaing Mark Zuckerberg yang telah lama dikabarkan untuk Twitter resmi dirilis untuk publik, termasuk Indonesia yang mereka sebut sebagai ‘Threads’.

Aplikasi baru diluncurkan sebagai pendamping Instagram, jaringan berbagi foto populer yang dibeli perusahaan Zuckerberg, Meta, lebih dari satu dekade lalu. Jika berhasil, Threads juga akan menggantikan Twitter dengan beberapa teknisi menyebutnya sebagai ‘pembunuh Twitter’.

Peluncuran Threads meningkatkan persaingan antara Zuckerberg dan Elon Musk, yang membeli Twitter tahun lalu. Musk telah mengubah pengalaman Twitter dengan mengutak-atik algoritme dan fitur lainnya, dan baru-baru ini memberlakukan batasan sementara pada berapa banyak tweet yang dapat dibaca orang saat menggunakan aplikasi, yang memicu kemarahan.

Banyak perusahaan teknologi telah mencoba memanfaatkan gejolak Twitter dalam beberapa bulan terakhir. Tapi Threads memiliki keunggulan, didukung oleh Meta dan basis pengguna Instagram yang sangat besar dengan lebih dari dua miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia.

Dalam sebuah posting ke akun Threads pada hari Rabu, Zuckerberg berkata, “Saya pikir harus ada aplikasi percakapan publik dengan lebih dari 1 miliar orang di dalamnya. Twitter memiliki kesempatan untuk melakukan ini tetapi belum berhasil. Mudah-mudahan kami akan melakukannya,” tulisnya.

Berikut adalah hal-hal yang perlu diketahui tentang Threads, yang dikutip dari situs New York Times, Kamis, 6 Juli 2023.

Apa itu Thread dan bagaimana cara kerjanya? Dibangun oleh Instagram, Threads diposisikan sebagai aplikasi tempat orang dapat melakukan percakapan publik secara real-time satu sama lain. Platform juga membantu meningkatkan Instagram, yang merupakan aplikasi berbagi gambar dalam rangkaian produk Meta.

Baca Juga:   Ancaman Pecat Bagi Juru Parkir Nakal setelah Video Viral Pembayaran Parkir 2 Kali di Blok M

“Idenya adalah untuk membangun ruang yang terbuka dan ramah bagi komunitas,” kata Adam Mosseri, Kepala Instagram dalam sebuah wawancara.

Instagram telah mengikat Threads secara erat. Mereka yang tertarik untuk mendaftar aplikasi baru diharuskan memiliki akun Instagram. Selain itu, nama pengguna Instagram juga akan sama seperti nama untuk akun Threads.

Orang-orang dapat langsung mengimpor daftar orang yang mereka ikuti di Instagram ke Threads jika mereka mau. Pengguna terverifikasi Instagram juga akan diverifikasi di aplikasi baru. User kemudian dapat mengatur akun mereka menjadi pribadi atau publik.

Baca Juga:   Rumah Aktor Bollywood Salman Khan Ditembaki 2 Pria tak Dikenal

Threads terlihat hampir identik dengan Twitter dalam banyak hal. Pengguna dapat memposting sebagian besar pesan berbasis teks ke feed bergulir, yang dapat dilihat pengikut dan dapat dibalas pengguna. Orang juga dapat memposting foto atau video ke aplikasi.

Tapi ada perbedaan dengan Twitter. Saat ini aplikasi tidak mendukung pesan langsung, fitur yang ditawarkan Twitter. Instagram mengatakan akan menambahkan fitur itu ke Threads jika pengguna baru memintanya.

Threads tersedia untuk diunduh secara gratis dari App Store Apple dan Google Play Store untuk sekitar 100 negara. Meta memiliki rencana untuk memperluasnya.

Loading