Alasan Kenapa Cewek Dilarang Masuk ke 6 Tempat di India

Ada alasan kenapa cewek dilarang masuk ke 6 tempat di India ini menarik dikulik. Beberapa negara memiliki aturan masing-masing yang mengenai kebijakan untuk para wisatawan.

Salah satu negara yang ketat dalam hal ini adalah India. Ada 6 tempat yang wanita dilarang masuk dan wajib dipatuhi.Ada beberapa tempat yang tidak boleh dikunjungi oleh wanita.

Berikut ada alasan kenapa cewek dilarang masuk ke 6 tempat di India dilansir dari India Times:

1. Kepercayaan Agama

Kuil Kartikeya di kotapraja Pehowa adalah bangunan kuno yang berasal dari abad ke-5 SM. Kartikeya adalah dewa Hindu yang populer di India.

Baca Juga:   Heboh Emak-emak Kegirangan Tangkap Ular Besar di Kebun Sawit

Ada mitos bahwa Tuhan mengutuk wanita yang memasuki kuil alih-alih memberkati mereka. Akibatnya, perempuan dilarang memasuki pura.

2. Tradisi Kuno

Pura Hindu di Kerala, salah satu tempat dilarang cewek untu datang. Adapun, wanita yang termasuk dalam kelompok usia 10-50 tahun tidak diperbolehkan masuk melebihi titik tertentu untuk ‘menjaga kesucian pura. Penduduk setempat dan otoritas kuil mengatakan bahwa alasan di balik larangan ini murni berdasarkan tradisi kuno dan tidak boleh diremehkan.

3. Ada Aturan Agama

Salah satu tempat wisata paling ikonik di Mumbai ini setiap hari dikunjungi sama sekitar 15.000 orang. Wanita dilarang masuk karena ada makam seorang Sufi dari abad ke-15, Pir Haji Ali Bukhari. Sebenernya, sih, dulu perempuan boleh-boleh aja masuk ke sini. Tapi sejak tahun 2012 dikeluarkan fatwa yang ngelarang perempuan buat masuk ke Haji Ali Dargah.

Baca Juga:   Mbah Harun Jemaah Haji Tertua Indonesia Tiba di Madinah

4. Ada Ritual Tertentu

Kuil satu ini mulai terkenal akibat sebuah kesalahan, yakni ketika pihak yang berwenang melangsungkan ritual pemurnian, seorang gadis muda mencoba untuk menyentuh Dewa Batu. Berdasarkan kepercayaan, dikatakan bahwa Dewa Batu ini berada di wilayah yang memiliki batasan, yakni tidak boleh tersentuh oleh perempuan.

5. Perbedaan Status

Wanita dilarang masuk dalam kuil Padmanabhaswamy Dibangun sejak sekitar 5.000 tahun yang lalu, para pemimpin dan kerajaan dari seluruh dunia selama ribuan tahun mampir ke sini dan ngasih banyak hadiah (biasanya emas) ke kuil ini. Nah, semua pemberian tersebut disimpan di ruangan-ruangan tersembunyi di bawah tanah. Sayangnya, hanya laki-laki yang diperbolehkan buat masuk ke kuil yang dipersembahkan untuk Dewa Wisnu ini. Perempuan cuma bisa berdoa dari luar bangunannya aja.

Loading