Aksi Kateno, Kades di Blitar yang Hadang Truk Pasir Melintas di Jalan Desa

Aksi Kateno, selaku Kepala Desa (Kades) Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur mengadang truk bermuatan pasir viral di media sosial Selasa, 2 Januari 2024.

Dilihat melalui unggahan akun Instagram @inijawatimur Kateno geram pasalnya puluhan truk pasir tersebut menyebabkan jalan desa rusak dan berlubang.

Oleh karenanya dia mengimbau para sopir truk untuk melintas melalui jalan yang telah ditentukan. Pasalnya selama ini mereka melintas di jalur yang bukan khusus untuk angkut pasir.

“Saya ini juga pernah jadi sopir, tetapi tidak seperti kamu itu, saya patuh, saya kirim (muatan) ke Ngadirejom-Mojopanggug tetapi tidak ada masalah. Saya jadi sopir sudah lama. Sekarang saya beruntung 10 tahun jadi Lurah sehingga jangan ngomong soal retribusi,” ujar Kateno dalam bahasa Jawa yang sudah diterjemahkan.

Baca Juga:   6 Ras Kucing Berukuran Kecil yang Menggemaskan

Kepada seluruh sopir truk, Kateno mengimbau untuk tetap patuh terhadap aturan dan ketentuan yang telah disepakati. Kendati telah membayar retribusi, dia tetap menekankan agar para sopir melintas di jalur yang telah disepakati.

“Jadi stop bahas retribusi. Retribusi itu dikasih tidak masalah tidak dikasih juga tak mengapa karena desa memang tidak menganjurkan,” tegasnya.

Adapun, terkait uang retribusi yang diberi para sopir truk pasir ke warga, Kateno menjelaskan bahwa itu tidak dianjurkan oleh pihak desa. Artinya retribusi bukanlah hal wajib yang mesti dibayarkan.

Yang paling utama, kata dia, para sopir dilarang keras untuk melintas jalur desa. Sebab jalan yang semula baik menjadi rusak akibat beban truk.

“Jadi sekarang lewat saja kawasan itu dan jangan membicarakan retribusi. Desa Penataran tidak pernah menerima suap retribusi,” pungkasnya.

Loading