6 Cara Mencerahkan Bibir Gelap secara Alami

Bersama ini kami sampaikan informasi tentang 6 Cara Mencerahkan Bibir Gelap secara Alami, sebagai berikut:

Cara mencerahkan bibir secara alami bisa dengan menggunakan bahan-bahan dari alam, selain dibarengi dengan perawatan dan menggunakan produk pencerah bibir, Anda juga bisa mengaplikasikan bahan alami berikut untuk membantu mencerahkan warna bibir.

Perubahan warna bibir yang gelap atau menghitam sebenarnya terjadi secara bertahap dari waktu ke waktu.

Penyebabnya pun beragam yang dialami setiap individu, mulai dari faktor medis, penyakit yang diderita, kebiasaan atau aktivitas sehari-hari, hingga penerapan gaya hidup kurang sehat.

Meski begitu, bibir gelap bukan masalah serius dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Problem ini juga dapat diatasi dengan perawatan menggunakan bahan-bahan alami untuk membantu mencerahkan kembali warna bibir.

Penyebab Warna Bibir Gelap

Dilansir Healthline, warna bibir gelap atau disebut sebagai hiperpigmentasi disebabkan karena kelebihan melanin yang dipengaruhi oleh beberapa faktor lain, di antaranya:

  • Kurang terhidrasi
  • Paparan sinar matahari berlebih
  • Kebiasaan merokok
  • Reaksi alergi terhadap pasta gigi, lipstik, atau produk bibir lainnya
  • Terlalu banyak kafein
  • Menggunakan alat pengisap atau pembesar bibir
  • Kemoterapi
  • Anemia
  • Kekurangan vitamin
  • Penggunaan fluoride yang berlebihan.
Baca Juga:   Ternyata Ini Cerita Sebenarnya Ibu yang Sholat Sambil `Joget`

Cara Mencerahkan Bibir dengan Bahan Alami

Meski kondisinya tidak membahayakan, berikut cara mencerahkan bibir secara alami yang bisa Anda lakukan supaya warnanya kembali merona dan terlihat sehat.

1. Buah delima

Sebuah studi tahun 2005 menemukan bahwa ekstrak buah delima dapat meringankan kondisi hiperpigmentasi pada kulit bibir.

Caranya gunakan campuran buah delima yang dihaluskan dengan air mawar dan susu bubuk, kemudian gosok lembut selama 3 menit pada bibir. Untuk hasil maksimal lakukan setiap hari.

Baca Juga:   Video Viral Aksi Pemotor Terobos Jalan Baru Dicor di Lembang, Bikin Heboh

2. Lemon dan gula

Lemon atau jeruk nipis merupakan buah sitrus bersifat anti-melanin. Anda dapat menggunakan perpaduan lemon dan gula sebagai scrub alami bibir untuk membantu mencerahkannya.

Cukup sediakan perasan air lemon dan gula atau madu, oleskan tipis ke bibir sebelum tidur dan biarkan semalaman untuk mendapatkan hasil lembap dan merah merona keesokan harinya.

3. Lidah buaya

Berdasarkan hasil penelitian, lidah buaya diklaim memiliki kandungan senyawa alami sebagai anti-melanin sehingga cocok digunakan pada bibir gelap.

Cara menggunakannya juga sangat mudah, tinggal oleskan tipis-tipis gel lidah buaya ke bibir secara rutin setiap hari, diamkan selama 10-15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

4. Minyak kelapa

Selain bisa melembapkan kulit, minyak kepala ini cukup efektif membantu mencerahkan bibir secara alami.

Pilih minyak kelapa asli untuk dioleskan ke bibir secara rata. Tidak perlu terlalu tebal asalkan rutin setiap hari pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

Baca Juga:   UMP DKI Jakarta 2023 Naik 5,6 Persen, Jadi Rp 4,9 Juta

5. Minyak zaitun

Sama halnya dengan minyak kelapa, minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai alternatif bahan alami lainnya.

Minyak zaitun ini lebih direkomendasikan dipakai malam hari menjelang tidur, oleskan ke bibir semalaman.

6. Air mawar

Air mawar umumnya seringkali dijadikan alternatif toner atau campuran masker wajah bubuk. Tapi, fungsi lainnya bisa juga diaplikasikan ke bibir.

Campurkan dua tetes air mawar dan enam tetes madu untuk dioleskan ke bibir secara rutin. Bisa pagi, siang, atau malam sebelum tidur.

Selain mengikuti cara mencerahkan bibir secara alami seperti di atas, pastikan Anda tidak melakukan kebiasaan yang berisiko membuat warna bibir jadi gelap supaya hasil dari perawatan ini lebih maksimal.

Loading