TKW Indonesia ‘Dijual’ Online dan Diperlakukan Bak Barang Dagangan

Tentunya kalian pernahkan berbelanja online melalui beberapa situs belanja. Tinggal buka situsnya, cari barangnya, lalu pilih, dan bayar maka barang akan sampai ke rumah. Biasanya, kita membeli baju, alat rias, elektronik, hingga kebutuhan sehari-hari yang dijual disana. Tapi, bagaimana kalau yang ditawarkan dalam situs belanja online tersebut ternyata adalah…manusia?

Ternyata, nggak hanya barang aja yang ditawarkan oleh akun dalam situs belanja online. Dilansir dari Kompas, akhir-akhir ini, masyarakat Indonesia dihebohkan dengan adanya sebuah akun yang ‘menjual’ Tenaga Kerja Wanita (TKW) Indonesia di Singapura melalui sebuah situs jual beli online, Carousell dengan nama akun ‘@maid.recruitment‘. Dalam situs jual beli tersebut, foto calon TKW asal Indonesia yang siap jadi Asisten Rumah Tangga (ART) dipajang disertai dengan deskripsi singkatnya. Hal itu jelas melanggar etika memasarkan manusia bagaikan barang dagangan dalam katalog online. Sebenarnya, ini bukan kali pertama tenaga kerja ART diperlakukan begini lho.

Baca Juga:   Mohon Sebarkan: Modus Terbaru Penipuan Uang Di ATM

Dalam situs jual beli Carousell, akun @maid.recruitment memajang foto calon TKW yang akan jadi ART di Singapura lengkap dengan deskripsi singkat seolah mereka adalah barang dagangan

onten akun @maid.recruitment akhirnya dihapus oleh pihak Carousell setelah diketahui adanya pemasaran TKW yang akan dijadikan ART di Singapura melalui situs jual beli tersebut. Calon ART ini dipajang fotonya dan deskripsi singkatnya sehingga orang yang membutuhkan bisa mengetahui profil orang tersebut. Tapi, Kementerian Tenaga Kerja Singapura akan mengusut kasus ini karena iklan tenaga kerja asing seperti komoditas tidak dapat diterima dan melanggar Undang-undang Ketenagakerjaan.

Baca Juga:   Korban Mutilasi di Karawang Ditemukan: Celana dan Sepatu Masih Menempel Saat Potongan Kaki Wanita

Katalog ART seperti itu mengingatkan pada sebuah akun Instagram @blacklistnannys yang melakukan hal serupa untuk calon ART. Bedanya, ini dilakukan untuk lingkup dalam negeri

Di era sekarang ini, muncul akun media sosial di Instagram bernama @blacklistnannys yang isinya informasi tentang ART. Ada lebih dari 54.000 pengikut dengan lebih dari 470 post yang berisi beberapa informasi tentang ART diantaranya adalah pendapat orang mengenai ART yang pernah bekerja dengan dia, orang yang minta informasi mengenai calon ART, lowongan pekerjaan ART, dan juga orang yang membutuhkan pekerjaan sebagai ART Vice Indonesia pernah mengulas akun tersebut sebagai akun yang membuat calon ataupun mantan ART dianggap seolah mirip barang dagangan.