Mengulik Tradisi Unik di Dusun Sade Lombok: Lantai Rumah Dihaluskan dengan Kotoran Sapi

Sebuah video viral baru-baru ini muncul di media sosial. Kali ini memperlihatkan betapa uniknya tradisi yang dimiliki salah satu wilayah yang ada di Indonesia, Lombok. Dilihat dari unggahan video yang dibagikan akun Instagram @media.lombok1 ini memperlihatkan betapa uniknya tradisi dari Dusun Sade, Desa Rembitan, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, yang melakukan perawatan pada lantai rumahnya dengan menggunakan kotoran hewan.

Dalam video tersebut terlihat seorang nenek yang melulur lantai bagian tangganya yang masih terbuat dari semen itu dengan menggunakan kotoran ternak.

Baca Juga:   Pemilik Nama Asep Akan Berkumpul di Garut dalam Forum Bertajuk Silaturasep

Menurut warga setempat kebiasaan melulur lantai rumah dengan kotoran ternak merupakan tradisi lama yang masih dipelihara dengan baik hingga saat ini. Adapun alasan warga Dusun Sade, Lombok masih menjalankan kebiasaan tersebut. Beberapa di antaranya adalah sebagai penguat lantai.

Di mana campuran kotoran sapi dan tanah liat ini bisa membuat lantai lebih kuat dan tahan lama. Diketahui kotoran tersebut ternyata memiliki sifat perekat alami yang membantu mengikat partikel tanah liat bersama-sama.

Selain itu, konon katanya mampu untuk mengusir serangga. Kotoran sapi mengandung zat-zat alami yang dapat mengusir serangga, terutama nyamuk, sehingga lantai rumah menjadi lebih higienis dan nyaman. Proses melulur lantai ini juga dilakukan secara rutin sebagai bagian dari tradisi turun-temurun yang diyakini menjaga kesucian dan kesejahteraan rumah.

Meskipun terlihat menjijikan, ternyata kotoran sapi tersebut tidak meninggalkan aroma yang tak sedap.

Loading