Kelas Karyawan S1 S2 Desain Produk (Desain Grafis & Multimedia) Di Bekasi

Untuk anda yang bekerja di Bekasi yang ingin kuliah S1 atau S2 Desain Produk (Desain Grafis & Multimedia) yang tidak mengganggu pekerjaannya sebaiknya anda memilih Program Kelas Karyawan atau Kuliah Karyawan Desain Produk (Desain Grafis & Multimedia) yang mana program ini dikhususkan bagi para pekerja atau karyawan.

Kelas Karyawan Desain Produk (Desain Grafis & Multimedia) Di Bekasi yang kami rekomendasikan adalah  S1 Desain Produk (Desain Grafis & Multimedia) Universitas Esa Unggul Bekasi KLIK DISINI

Program Studi S1 Desain Produk adalah salah satu program studi yang ada di Kelas Karyawan Universitas Esa Unggul dengan keterangan sebagai berikut:

PROGRAM STUDI: S1 DESAIN PRODUK
Peringkat Akreditasi BAN PT : A 

MASA STUDI:

a. Lulusan D3/Politeknik/Akademi dan sederajat
– Masa studi : 3 – 4 semester (1,5 – 2 tahun)
– Beban Studi (jumlah sks yang harus ditempuh): 42 – 72 sks
– Jumlah sks yang diakui/disetarakan: 104 – 106 sks.

b. Lulusan SMU/SMK atau yang sederajat
– Masa studi : 8 – 10 semester (4 – 5 tahun)
– Beban Studi (jumlah sks yang harus ditempuh): 144 – 146 sks
Catatan: Lulusan Paket C juga bisa mendaftar

WAKTU KULIAH

Waktu kuliah dapat dipilih oleh mahasiswa sebagai berikut:

  • Kelas Malam: Senin – Jumat: Jam 19.00 – 21.30 WIB + E-Learning
  • Kelas Sabtu Pagi: Jam 07.00 – 14.30 WIB + E-learning
  • Kelas Sabtu Siang: Jam 14.30 – 22.00 WIB  + E-learning

E-Learning adalah proses belajar mengajar melalui Multi Acces Learning (MAL) dimana Bahan Ajar, Diskusi, Tugas dan Quiz diakses di internet 24 jam sehari, ditambah kuliah tatap muka 3 kali dan ujian 2 kali di kelas dalam satu semester.

PILIHAN KAMPUS
Mahasiswa Kelas Karyawan dapat memilih kampus sebagai berikut:
– KAMPUS JAKARTA: Jalan Arjuna Utara No.9, Kebon Jeruk, Jakarta
– KAMPUS TANGERANG: Jalan Citra Raya Boulevard, Citra Raya, Tangerang
– KAMPUS BEKASI: Jalan Harapan Indah Boulevard No.4, Harapan Indah, Bekasi

BIAYA DAN PENDAFTARAN

Untuk informasi Biaya dan Pendaftaran KLIK DISINI

Deskripsi Program Studi
Desain Produk adalah sebuah disiplin ilmu yang memadukan aspek art meet technology. Merancang sebuah konsep inovasi menjadi sebuah produk dengan keindahan bentuk yang sesuai dan dapat diproduksi secara massal dalam memenuhi need & want. Bentuk Desain Industri seperti transportation, furniture, jewelry, cellular phone, hingga mobil dengan desain terbaru adalah sebagian hasil karya di dunia yang berasal dari karya desainer industri.

Bidang Peminatan

  • Desain Transportasi (car, motorcycle, boat and train design)
  • Desain Industri (furniture, toy, footwear, home appliance and jewellery design)
  • Desain Busana

Kompetisi Lulusan

Program Studi ini mengembangkan ilmu pengetahuan yang menghasilkan konsep dan karya inovatif dalam bidang desain dan menyiapkan lulusannya untuk memasuki lapangan pekerjaan yang berbasis industri sebagai tenaga desain profesional di bidang otomotif (transportasi), perhiasan, furnitur, sepatu atau sandal, interior, mainan anak, robot, perfilman, konsultan desain, konseptor serta sebagai penyuluh. Alumninya sudah tersebar di berbagai perusahaan dan terserap 100% di dunia industri.

Lulusan Program Studi Desain Produk Universitas Esa Unggul dibekali dengan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan untuk merancang produk yang menitik beratkan pembahasan pada segi-segi visual asosiasi persepsual, dan estetika, merancang produk berdasarkan pada prinsip sains dan rekayasa, merancang produk dengan memperhatikan kendala teknis dan produksi tanpa mengabaikan segi estetis dan sasaran inovatifnya, merancang consumer products dengan pendekatan pasar bersaing, merancang isu-isu lingkungan dan sosial, membuat bahan presentasi media 3D dan animasi, membuat karya fotografi ke dalam digital imaging, berwirausaha dalam bidang jasa konsultasi desain.

Visi
Menjadi Program studi S1 Desain Produk yang unggul di Indonesia dalam bidang desain transportasi dan desain produk yang berintelektualitas dan berjiwa kewirausahaan pada tahun 2025, mampu mendukung perkembangan industri kreatif nasional serta bersaing dalam tingkat global.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan formal di bidang desain transportasi dan desain produk yang menghasilkan sarjana dengan kemampuan professional yang mengintegrasikan berbagai pengetahuan dan keterampilan desain produk.
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan yang menghasilkan konsep dan karya inovatif dalam bidang desain transportasi dan desain produk.
  3. Menyelenggarakan pelatihan dan penyuluhan oleh stakeholders atau para pelaku industri transportasi dan desain produk, yang bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan serta pengalaman mahasiswa dalam penerapan dan pengembangan IPTEK di dunia industri.
  4. Melaksanakan penelitian di bidang desain produk untuk meningkatkan kreatifitas dan kemandirian mahasiswa serta menanamkan jiwa kewirausawan yang tinggi, didukung penggunaan teknologi informasi terkini sehingga menghasilkan karya yang bermutu, inovatif, dan memiliki standar nasional dan internasional.
  5. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan kreatifitas, kemandirian, dan kewirausahaan dengan menerapkan keilmuan desain produk.
  6. Mengembangkan industri desain transportasi dan desain produk kepada masyarakat melalui kerja sama dengan berbagai institusi pendidikan, pemerintah dan industri baik di dalam negeri maupun luar negeri.
Tujuan
Dalam merealisasikan visi dan misi di atas, Program Studi Desain Produk Fakultas Desain dan Industri Kreatif Esa Unggul melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan tujuan pencapaian
  1. Menghasilkan lulusan desain produk yang memiliki moral, etika yang tinggi, berjiwa kewirausahaan yang tangguh dan berdaya saing global.
  2. Menghasilkan lulusan yang profesional di bidang industri otomotif dan industri produk.
  3. Menghasilkan lulusan yang kompeten dalam perancangan pada bidang transportasi dan produk.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu bersikap kritis sesuai dengan kaidah ilmiah dan memiliki keterampilan khusus di bidang ilmu komputer desain produk sebagai bentuk pengaplikasian dalam penjabaran bentuk ke dalam IPTEK.
  5. Memiliki jiwa entrepreunership, kreatif, dan mandiri dalam menyesuaikan perubahan tuntutan masyarakat.
  6. Dapat mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi yang terus berkembang, khususnya pada cabang ilmu Desain Produk
  7. Dapat berpikir kreatif, mandiri dan memiliki jiwa enterpreneurship untuk membantu memecahkan berbagai permasalahan yang ada dimasyarakat dengan menggunakan solusi desain.
  8. Mengabdi pada masyarakat melalui pembinaan, pelatihan, pendampingan dan pemberdayaan masyarakat.
Proses Pembelajaran
  1. Masa Orientasi Mahasiswa baru diawali dengan pembekalan softskill (training: ESQ, leadership, entrepreneur, communication, dan self confidence)
  2. Progam Bahasa Inggris secara komperehensif (TOEFL & TOEIC)
  3. Kemajuan belajar mahasiswa dievaluasi berdasarkan sistem evaluasi kemajuan belajar yang meliputi ujian tengah semester, ujian akhir, kuis, dan penyelesaian tugas rumah dan praktikum
  4. Pembelajaran berbasis Hybrid Learning (intranet dan internet sebagai alat komunikasi antar dosen dan mahasiswa dalam aplikasi materi ajar, pemberian tugas, dan referensi
  5. Praktikum di Laboratorium dengan fasilitas terbaik
  6. Bimbingan Akademik
  7. Mengadakan Kuliah Umum dan Dosen Tamu dari pakar dan praktisi profesional
  8. Mengadakan Seminar, Lokakarya, Pelatihan dan Diskusi interaktif
  9. Ekstrakulikuler melalui Unit Kegiatan Mahasiswa
  10. Praktek Kerja Lapangan di perusahaan nasional dan multinasional.
Baca Juga:   Kelas Karyawan S2 Magister Akuntansi Di Tangerang

Profesi dan Karir Lulusan

Sarjana Desain Produk dapat bekerja dan berkarir sebagai konsultan desain (sebagai konsultan pengembangan produk maupun industri),desainer konsep (sebagaiconceptor di berbagai perusahaan industri),desainer produk otomotif dan kriya (profesional dalam bidang pembuatan dan pengembangan produk kecil hingga produk besar dalam dunia industri),desainer 3D (profesional dalam 3D artist,3D modeler, 3D maker dan 3D visualization terhadap perusahaan-perusahaan berbasis industri),wirausahawan (entrepreneur),pengajar/instruktur/penyuluh (sebagai dosen, peneliti atau tenaga ahli).

Esa Unggul Career Center

  1. Sebagai lembaga yang membantu membentuk lulusan yang trampil, mahir dan berkepribadian untuk menghadapi tantangan dunia kerja melalui program pelatihan dan pengembangan
  2. Menyediakan informasi peluang kerja bagi mahasiswa dan lulusan UEU di jaringan komunikasi konvensial dan elektronik.
  3. Mengelola jaringan komunikasi (networking) antara alumni
  4. Mengembangkan kerjasama dengan lembaga profesi, bisnis, pelayanan kesehatan, industri jasa dan manufaktur dalam rangka penyaluran SDM lulusan UEU

Kerjasama Fakultas

Memiliki jaringan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat (Tridarma Perguruan Tinggi), serta praktek kerja dan magang mahasiswa, dengan beberapa perguruan tinggi / industri, baik di dalam dan di luar negeri, antara lain:

  • George Mason University
  • PT. SAP Indonesia
  • Gakken Co., Ltd
  • Pusat Desain Nasional
  • PT. Joey Sasmita Lencana
  • PT. Multi Alas Sukses
  • PT. Dharma Polimetal
  • PT. Hargan Tri Megah
  • PT. Pratama Abadi Industri
  • PT. Arga Bangun Bangsa
  • Badan Narkotika Provinsi DKI Jakarta
  • Polda Metro Jaya
  • PMI
  • BASARNAS
  • WANADRI PT
Baca Juga:   Kelas Karyawan S1 S2 Manajemen Di Jakarta

Fasilitas

Untuk menunjang proses pembelajaran dan menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi, telah tersedia beberapa fasilitas laboratorium komputer yang dirancang dan didesain berbasis jaringan internet, sehingga memudahkan para mahasiswa mengakses informasi mutakhir tentang teknologi komputer dan informasi melalui media internet, seperti:

  • Studio Gambar
  • Laboratorium I Mac
  • Laboratorium Desain Industri
  • Laboratorium Fotografi
  • Studio Workshop
  • Laboratorium Komputer

Buku Teks

  1. 1000 Symbols; Rowena , Thames & Hudson, 2002
  2. Desain Industri; John Heskett, Rajawali, 1986
  3. Design and Analysis of Lean Production Systems; Ronald G. Askin,John Wiley & Sons, 2001.
  4. Engineering Design for Safety; Thomas A. Hunter, McGraw-Hill, 1992
  5. Exploring Photoshop CS2; Annesa Hartman, Thomson, 2006
  6. Finite the Element Method in Machine Design; Eliahu Zahavi, Prentice- Hall, 1992
  7. Fundamental of Mechanical Component Design; Kenneth S. Edwards, McGraw-Hill, 1991
  8. Graphic Design That Works; Lestie Hames, Rockport, 2004
  9. Hot Cars of the 50 S the Best Cars of the Decade; Nr Rochester, Amber Books, 2004
  10. Hot Cars of the 60 S the Best Cars of the Decarde; Craig Cheetham, Grange, 2004
  11. Identity Design Sourcebook : Successful IDs Deconstructed and Revealed; Clay Andre, Rockport, 2004
  12. In Sight a Guide to Design with Low Vision in Mind Examining the Notion of Inclusive Design, Exploring the Subject Within a Commercial and Sosial Context; Rotovision, Start, 2004
  13. Interior Color by Design Vol.2; Jonathan Poore, RockPort ,2005
  14. Introduction to Industrial and Systems Enhgineering 2nd”; Wayne C. Turner, Prentice – Hall, 1987
  15. Linear and Nonlinear Programing; Stephen G. Nash, McGraw-Hill
  16. Models & Prototypes; Yoshiharu Shimizu, Graphic-Sha, 1991
  17. New Logo : a Collection of Coporate Identities; Prgeone, 2004
  18. New York Fetivals Annual 12; The Midas Awards”; Phoenix, 2003
  19. Packaging Makeovers; Page one, Rackport, 2005
  20. Panduan Designer dalam Produksi Cetak dan Digital Printing; Anne Dameria, Link & Match, 2005
  21. Pictografic Systems Nonverbal. Universal; Paul Arthur, Pageone, 2005
  22. The Aviation Factfile Biplanes, Triplanes & Seaplanes; Jim Winchester, Grange, 2004
  23. The Greatest Hits of Corporate Layouts, Zhao Minchao, Pageone, 2004
  24. Warna Teori dan Kreativitas Penggunaanya ed 2; Sulasmi Darmaprawira W.A, ITB, 2002

Jurnal Nasional

  1. Dimensi Seni Rupa dan Desain, Trisakti
  2. Infomatek”; Univ. Pasundan
  3. Inovisi Jurnal Teknik Industri”; Univ. Esa Unggul
  4. Jurnal Ilmiah Nasional
  5. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin”; Univ. Trisakti
  6. Jurnal Ilmu Desain”; ITB
  7. Jurnal Informatika”; ITB
  8. Jurnal PPT”; DPN
  9. Jurnal Sosioteknologi “; ITB
  10. Jurnal Teknik Industri & Manajemen Industri”, ISTMI
  11. Jurnal Teknik Industri”; Usakti
  12. Jurnal Teknologi Industri, UIJ
  13. Makara Seri Teknologi”, DRPM-UI

E-Journal(Desain Industri)

  1. Annals of Operations Research
  2. Appliance Design
  3. Automotive Design & Production
  4. Building Design
  5. Building Design & Construction
  6. Communication Systems Design
  7. Design News
  8. Design Week
  9. Design/Build Business
  10. Display & Design Ideas
  11. Foundations and Trends in Electronic Design Automation
  12. Hospitality Design
  13. Interior Design
  14. Live Design
  15. Machine Design
  16. Management Science
  17. Manufacturing & Service Operations Management
  18. Product Design & Development
  19. Store Equipment & Design
  20. Wireless Design & Development

Majalah International (tercetak)

  1. T3; ES, 2006
  2. Architecture Asia; Autodesk, 2005
  3. Architeecture and Urbanism; Sercate, 2005
  4. Creative Index; 1996
  5. Design report; Cassina, 1999
  6. Designer; Singapore design,
  7. Harvard Business Review; Cargill, 2006
  8. Indonesia the Creative; Equinox Art
  9. Indonesia; Equinox
  10. The Japan Architect; DOCoMo, 2005

Skripsi

  1. Desain Kursi Roda (High End ) PT. Dharma Polimetal; Ricky, UIEU, 2006.
  2. Desain Hospital Bed High end PT. Dharma Polimetal; Dede Karyono, UIEU, 2006.
  3. Desain Kendaraan khusus; Hendro Hadinata, UIEU, 2007.
  4. Indonesia Gemstone Design; Monthy Rosselini, UIEU, 2007.
  5. Moveable Carrier Vehicle design; Geggy Gamal Surya – Gafur, UIEU, 2007.
  6. Design from waste materials; Madia Utama, UIEU, 2007

Tesis

  1. Arsitektur Mesjid Tua Palopo Sulawesi Selatan : Kajian Desain dalam Konteks Kebudayaan; Mansur , ITB, 2007
  2. Citraan Wanita di Internet : Kajian Tanda dan Kode Visual; Riama Maslan Sihombing, 2007
  3. Fenomena Kejawen Dalam Ragam Hias Flora dan Fauna pada Kerajinan Tradisional di Jawa Timur; Rudi Irawanto, ITB, 2007
  4. Kajian Awal Gaya Busana (Fashion ) di Indonesia Pasca Tahun 1980 ( Mencari Faktor – Faktor Pengaruh Desain Modern ), ITB, 2007
  5. Kajian Citra Melalui Pendekatan Estetika Bentuk pada Bangunan Museum di Taman Mini Indonesia Indah; Jolanda Srisusana Atmadjaja, ITB, 2007
  6. Kajian Ruang – dalam Rumah Bubungan Tinggi di Kalimantan Setelah dan Kemungkinan Pengembangannya: Studi Kasus : Rumah Kayu Gaya Banjar; Geraldina S. Prijatmoko, ITB, 2007
  7. Pengaruh Bentuk Rumah Tradisional Jawa pada Fenomena Arsitektur Masa Kini di Surakarta; Tri Prasetyo Utomo, ITB, 2007
  8. Standardisasi Bangunan Rumah Tinggal Sebagai Pengembangan Tata Ruang Dalam (Interior )A.A. GDE Rai Remawa, ITB, 2007
Baca Juga:   S1 Teknik Industri Universitas Jenderal Achmad Yani (UNJANI) Bandung

Disertasi

  1. Daya Tahan karakteristik Estetis dan Simbololisme Jawa pada Kria Perak di Sentra Industri Kota Gede dalam Konteks Perubahan Lingkungan Sosial Budaya; Nooryanbahari, ITB, 2001
  2. Interpretasi Karya Ahmad Sadali dalam Konteks Modernitas dan Spiritualitas Islam dengan Pendekatan Hermeneutik”; Yustiono, 2005
  3. Mengungkap Estetik Tersembunyi pada Bangunan Tradisional Batak untuk Menemukan Sistem Perbandingan Ukuran Studi Kasus : Batak Toba dan Batak Karo”; Pribadi Widodo, ITB, 2002.
  4. Mengungkap Makna Ornamen Passurakpada Arsitektur Vernakular Tongkonan melalui Persepsi Indra Visual; Anwarthosibo, ITB, 2001
  5. Metafora Visual Kartun Editorial pada Surat Kabar Jakarta 1950-1957,”; Priyanto Sunarto, ITB, 2004
  6. Pohon Hayat : Simbol dan makna pohon hayat yang terlukis batik klasik sebagai ekspresi kebudayaan jawa, ITB, 2002
  7. Proses Perwujudan Karya Seni Rupa dalam Membangun Relasi Antar Individu Dengan Kasus Karya Gerabah Tradisi di Beberapa Daerah di Pulau Jawa; Sukria Fihamadja, ITB, 2005
  8. Refleksi Budaya Perusahaan Periklanan dalam gagasan Kreatif Pesan Iklan pada Media
  9. Televisi (Stusi kasus : PT. Lowe Indonesia ) ”; Agung Eko Budiwaspada, ITB, 2004
  10. Theoritical and Experimental Analyses of  Solicication Temperature and Hydrodynamic Lubrication in Continuous Casting Process; Barman Tambunan, RMIT University, 2005
  11. Unsur-unsur Pemandu Perwujudan Sosok Artefak Tradisional dengan Indikasi-indikasi Lokal yang Dikandung dan Dipancarkannya Kajian Seni Rupa, Kria dan Desain dengan Kasus Cirebon dan Artefak Kria Anyaman Wadah-wadahan; Ahadiat Joedawinata, ITB, 2004

Makalah Nasional

  1. Kendaraan Rumah Lingkungan; Zaidir Burhan, UIEU, 2004
  2. Peluangan Paten Pada Kendaraan Bermotor; Wiranto Arismunandar, FT. Unpas, 2004
  3. Pengembangan Industri Komponene Otomotif; Aspep Jabar, FT. Unpas, 2004
  4. Potensi Design Kendaraan Nasional; Mizan Alian de Neve, 2002
  5. Proses Design dan Pengembangan Chasis of 800”; FT. Unpas, 2004

Makalah Internasional

  1. Analysis of Manufacturing Industry in Jabotabek and tha Relationship With Curriculum of Industrial Engineering; Rina Fitriana, Trisakti, 2004
  2. Design of Classromms at With Industrial Engineering Department Diponegoro University in Concern Ergonomics Aspects”; Purnawan Adi Wicaksono. UNDIP, 2004
  3. Design of Just in Time Using Kanban; Isti Surajandari, 2004
  4. Design of Performance Measurement Model for Hospital Rating Using The Analytic Hierarchy Process; M. Dachyar, UI, 2004
  5. Design of Work Analysis Laboratory Work Modul With Micromotion Study Implementation; Ratna Purwaningsih, Undip, 2004
  6. Determination of Key Performance Indicators of Maintenance Management in Hospital Industry; M. Dachyar, UI, 2004
  7. Determination of Key Performance Indicators of Maintenance Management in Hospital“Knowledge Management System Design to Support Project’s Performance at PT. XYZ; Erlinda Muslim, UI, 2004
  8. Knowledge Management System Design to Support Project’s Performance at PT. XYZ; Erlinda Muslim, UI, 2004
  9. Measurement the Level Impor Tances of Management for Six Information System (MIS) Roles Sigma Implementation; M. Dachyar, UI, 2004ining SWOT, Balanced Scorecard and Sun TZU Into OFD; Tyas Usada, UI, 2004Supply Chain Performance M
  10. Planning Management Strategy by Joeasurement Using Fuzzy Set Theory Application; Isti Sujandari, UI, 2004

Dosen Pengajar

  1. Geggy Gamal Surya, S.Des, M.Ds
  2. Jhon Viter Marpaung S.Des., M.Des
  3. Dr. Karna Mustaqim, S.Sn., M.A
  4. Muhammad Fauzi, S.Des, M.Des
  5. Oskar Judianto, S.Sn, MM, M.Des
  6. Putri Anggraeni Widyastuti. S.Sn., M.Ds.
  7. Ir. Yudha Wijaya Ardiana, MBA.

Loading